Sabtu, 20 Apr 2019 20:18 WIB

Lebih Detail Soal Gangguan Lambung Seperti yang Dialami Sandiaga Uno

Rosmha Widiyani - detikHealth
Mag jadi salah satu gangguan lambung yang umum terjadi di masyarakat. (Foto: Shutterstock) Mag jadi salah satu gangguan lambung yang umum terjadi di masyarakat. (Foto: Shutterstock)
Jakarta - Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno sempat dikabarkan mengalami gangguan lambung yang berdampak pada aktivitas politiknya. Dikutip dari detikcom, dokter menyarankan Sandiaga istirahat sambil melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

"Hasil pemeriksaan diketahui Pak Sandiaga memiliki gangguan lambung dan radang tenggorokan," kata Yuga Aden dari Tim Sandiaga dalam keterangan tertulis, Jumat (19/4/2019).


Menurut dokter ahli pencernaan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (FKUI-RSCM) dr Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH, ada 2 jenis gangguan lambung yang terjadi pada manusia. Gangguan lambung kerap disebut masyarakat umum sebagai sakit mag atau dispepsia.

"Ada 2 jenis gangguan lambung yaitu yang bersifat fungsional dan organik. Pada gangguan lambung organik, hasil endoskopi menunjukkan adanya gangguan yang harus diatasi. Sedangkan hasil endoskopi pada gangguan lambung fungsional tidak menunjukkan kondisi serupa," kata dr Ari pada Sabtu (20/4/2019).

Gangguan lambung fungsional ditandai tidak adanya kerusakan berarti di dalam lambung pada pasien yang makan tidak teratur, berlemak, gemar minuman bersoda, kopi, stres dan merokok. Sedangkan gangguan organik terjadi akibat kondisi tidak normal dalam lambung misal tukak lambung, tukak usus duabelas jari, dan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD).

Gejala gangguan tidak selalu dalam wujud sakit mag misal cepat kenyang, kembung, sering sendawa dan cegukan, serta mual muntah. Bila sebelumnya menjalankan pola hidup tidak sehat hingga muncul gejala tersebut sangat disarankan segera ke dokter. Biasanya dokter akan menyarankan perbaikan pola hidup dan peresepan obat sesuai kondisi pasien.

(fds/fds)