Senin, 22 Apr 2019 15:00 WIB

Kekasih Jon Snow Ternyata Tante Sendiri, Apakah Termasuk Incest?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Jon Snow dan Daenerys Targaryen. Foto: Dok. HBO Jon Snow dan Daenerys Targaryen. Foto: Dok. HBO
Jakarta - Kejutan kembali muncul di season terbaru Game of Thrones kali ini. Setelah banyak yang mengira Jon Snow adalah anak haram dari Ned Stark, ternyata faktanya justru ia adalah berhak mewarisi tahta sebagai satu-satunya anak lelaki dari klan Targaryen yang tersisa.

Namun hal ini berarti menjadikan sang kekasih, Daenerys Targaryen, sebagai tante kandungnya sendiri. Dalam film tersebut, Daenerys tampak terkejut akan fakta pahit itu.

Memiliki hubungan dengan tante atau adik perempuan dari orang tua kita masih terdengar tak lazim. Lantas, apakah hubungan tersebut masuk dalam kategori incest?

Pakar genetika dari Lembaga Biologi Molekuler Eijkman, Dr dr Andi Nanis Sacharina Marzuki, SpA(K) mengkategorikan incest sebagai hubungan dengan keluarga dekat.


"Hubungan seks dengan orangtua, anak, saudara seayah atau seibu, cucu/kakek/nenek. Sepupu nggak dikategorikan incest. Sepupu-ponakan inbreeding: perkawinan sedarah," ujarnya kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

Dikutip dari beberapa sumber, incest merupakan perilaku hubungan seksual dengan keluarga sedarah. Sedangkan inbreeding adalah hasil atau keturunan dari hubungan seksual sedarah (hasil dari incest).

dr Nanis mengatakan bahwa incest memiliki risiko menghasilkan keturunan dengan kelainan genetik apabila pelaku incest memiliki gen yang membawa sifat kelainan. Semakin dekat hubungan sedarah, maka semakin besar risiko cacat genetik yang akan terjadi.

Namun jika pasangan incest tidak memiliki gen pembawa sifat kelainan genetik, maka keturunannya pun tidak akan mengalami kelainan genetik.



Kekasih Jon Snow Ternyata Tante Sendiri, Apakah Termasuk Incest?
(frp/up)