Selasa, 23 Apr 2019 10:55 WIB

Studi: Nggak Pakai Bra Bikin Payudara Lebih Besar dan Kencang

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi bra. (Foto: Dok. iStock) Ilustrasi bra. (Foto: Dok. iStock)
Jakarta - Perdebatan mengenai memakai bra atau tanpa bra sepertinya sudah berlangsung sejak lama. Memang, tidak ada yang sebanding dengan perasaan lega ketika melepas bra setelah seharian digunakan.

Menurut peneliti, saat ini wanita menggunakan bra karena alasan kebutuhan dan kebiasaan. Selain itu, memakai bra terus menerus juga mengubah bentuk alami payudara.

Profesor Jean-Denis Rouillan, dari Centre Hospitalier Universitaire de Besancon di Prancis, mengungkapkan bahwa bra tidak diperlukan untuk kesehatan payudara wanita. Bahkan menurutnya, bra justru mencegah payudara tumbuh atau mencapai pengangkatan alami.



Dikutip dari Lifehack, studi ini mengambil 330 wanita yang berusia 18-35 tahun yang ukuran payudaranya diukur lebih dari 15 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wanita yang tidak mengenakan bra memiliki payudara 7 mm lebih besar dan naik setiap tahun.

Selain itu, payudara wanita yang tidak memakai bra memiliki lebih sedikit stretch mark dan lebih kencang daripada mereka yang memakai bra secara teratur.

"Tidak mengenakan bra sebenarnya melindungi payudara dari gravitasi. Ini juga memaksa tubuh untuk mengembangkan otot-otot yang terletak di bawah payudara, yang membantu menopang dan mengangkat payudara," demikian dikutip situs tersebut.

Bahkan seorang wanita di penelitian tersebut mengatakan setelah dua tahun melepas bra, ia bisa bernapas dan memiliki postur tubuh yang lebih baik. Terlepas dari kenyataan bahwa bra secara historis dirancang untuk memperbaiki postur dan mengurangi nyeri punggung dan payudara.


Studi: Nggak Pakai Bra Bikin Payudara Lebih Besar dan Kencang
(kna/up)