Selasa, 23 Apr 2019 13:36 WIB

Mahasiswi Ciptakan Kotak P3K Khusus untuk Kesehatan Mental

Firdaus Anwar - detikHealth
Isi kotak P3K untuk kesehatan mental. (Foto: BBC) Isi kotak P3K untuk kesehatan mental. (Foto: BBC)
Jakarta - Ketika seseorang mengalami cedera karena kecelakaan atau semacamnya, perlengkapan di kotak Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K) bisa sangat membantu dalam memberikan penanganan. Tapi bagaimana kalau 'cedera' yang terjadi ada pada kondisi mental kita?

Atas dasar tersebut seorang mahasiswi bernama Tina Chan dari The University of Waterloo, Kanada, merancang kotak P3K khusus untuk kesehatan mental. Tina yang sering mengalami serangan panik merancang isi kotak berdasarkan pengalamannya sendiri saat menghadapi stres berat.

Di dalamnya terdapat alat penutup mata, penutup telinga, permen karet, kartu gambar berbasis terapi kognitif perilaku, hingga mainan busa pereda stres. Tina memberinya nama PASS singkatan untuk Panic, Anxiety & Stress Support Kit.


"Kartu itu akan membuat pengguna memahami tentang apa yang sedang dihadapinya. Bila seseorang merasa sedang mengalami stres, maka kami akan bertanya 'apakah kamu sudah cukup minum air?' Karena bisa jadi gejala sres muncul karena kamu kurang minum," kata Tina seperti dikutip dari BBC, Selasa (23/4/2019).

Kesuksesan kotak P3K kesehatan mental Tina membuat pihak kampus kini membagikannya pada setiap mahasiswa baru. Diharapkan kotak tersebut dapat membantu mahasiswa yang merasa penuh tekanan dengan kehidupan di kampus.

Pada akhirnya Tina mengingatkan kalau alat dalam kotak tersebut hanya pertolongan pertama. Bila gejala gangguan mental yang parah maka solusi terbaik tetap mencari pertolongan profesional.

"Alat-alat ini tidak bisa membantu situasi krisis seperti saat seseorang ingin mencederai dirinya atau orang lain. Namun bagi sebagian yang lain alat dapat bermanfaat," pungkas Tina.


Simak Juga "Pentingnya Pelatihan P3K Bagi Pengemudi Ojek Online":

[Gambas:Video 20detik]

(fds/up)
News Feed