Selasa, 23 Apr 2019 17:08 WIB

Nonton Avengers: Endgame Saat Dini Hari, Gimana Caranya Tahan Kantuk?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Avengers Endgame. Foto: Dok. Marvel Studio Avengers Endgame. Foto: Dok. Marvel Studio
Jakarta - Film Avengers: Endgame yang dinanti-nanti akhirnya akan rilis besok. Tak tanggung-tanggung, durasinya yang memakan hampir 3 jam 1 menit membuat beberapa bioskop membuka jadwal tayang hingga dini hari.

Dengan suasana teater bioskop yang gelap, tubuh yang lelah (kemungkinan menonton pulang kerja atau kuliah), perut yang kenyang, dan suhu yang dingin sudah tentu kita akan rentan merasa ngantuk. Bisa-bisa di tengah film malah ketiduran. Waduh!

Psikiater dr Andreas Kurniawan, SpKJ membagikan tips yang bisa kamu ikuti untuk mencegah rasa kantuk menyerang saat kamu melihat aksi Captain America. Tips ini ia bagikan lewat akun Twitter-nya, @ndreamon.


Ruangan gelap seperti dalam teater bioskop bisa membuat mengantuk karena terjadinya produksi melatonin. Andreas menjelaskan dalam cuitannya, melatonin adalah hormon yang mengatur tidur dan membuat mengantuk, sehingga secara umum lebih gampang merasa ngantuk di malam hari.

"Secara jalan cerita, saya yakin Avengers: Endgame akan bisa bikin melek sepanjang waktu. Tapi kalau kita milih nonton terlalu malam, ada kemungkinan biological clock kita tidak terbiasa. Mungkin aja ngantuk loh. Beberapa teater punya jadwal jam 5 pagi yang bisa jadi alternatif," tulis pria yang berpraktek di Smart Mind Center RS Gading Pluit, Jakarta Utara ini.

Ia juga menyarankan untuk cukup minum, setidaknya 2 jam sebelum menonton film. Hal ini disebabkan dehidrasi juga bisa menyebabkan ngantuk. Dan untuk menyiasati kebelet pipis di tengah menonton, kencinglah terlebih dahulu sesaat sebelum masuk ke dalam teater, bahkan sebelum merasa kebelet sekalipun.

"Suhu dingin dalam bioskop juga bisa bikin ngantuk loh. Pada suhu dingin (sekitar di bawah 20 derajat celcius) produksi melatonin meningkat. Dan seperti pada kondisi gelap, melatonin ini membuat ngantuk. Kalau kamu gampang kedinginan, siapkan hoodie (atau gandengan) biar hangat," tutupnya.

(frp/up)
News Feed