Kamis, 25 Apr 2019 16:32 WIB

Kata Peneliti Lidah Punya Kemampuan Mencium Aroma Loh

Firdaus Anwar - detikHealth
Kita mungkin bisa menggunakan lidah untuk mencium bau makanan. (Foto: Thinkstock Kita mungkin bisa menggunakan lidah untuk mencium bau makanan. (Foto: Thinkstock
Jakarta - Indra pengecap dan penciuman punya kaitan yang erat di otak sehingga kita jadi bisa merasakan kompleksnya rasa. Namun kalau biasanya diketahui indra pengecap itu hidung dan pengecap lidah, menurut studi terbaru kemungkinan tidak sepenuhnya demikian.

Dalam jurnal Chemical Senses peneliti dari Monell Chemical Senses Center melihat sel pada lidah bisa jadi memiliki kemampuan untuk mencium aroma. Peneliti mengetahuinya setelah menumbuhkan sel indra pengecap pada manusia dan menemukan beberapa molekul penting yang juga ada pada indra penciuman.


Ketika peneliti memaparkan sel pengecap tersebut dengan molekul bau, sel memiliki reaksi yang sama seperti sel penciuman.

"Kehadiran reseptor penciuman dan reseptor rasa dalam sel yang sama akan memberi kita kesempatan yang menarik untuk mempelajari interaksi antara rangsangan bau dan rasa pada lidah," kata salah satu peneliti Mehmet Hakan Ozdener, dikutip dari EurekAlert! pada Kamis (25/4/2019).

Temuan studi memberi petunjuk kalau sel indra pengecap manusia kemungkinan lebih rumit dari yang sudah dimengerti.

Sebelumnya indra pengecap dianggap langsung membedakan rasa dengan membagi senyawa kimia pada lima kategori mulai dari manis, asin, asam, pahit, dan gurih. Dengan bukti terbaru peneliti menyebut kemungkinan integrasi antar indra untuk menentukan rasa terjadi jauh sebelum input ke otak.

(fds/up)
News Feed