Jumat, 26 Apr 2019 09:00 WIB

3 Tips Bawa Sepeda di Kereta, Penting Buat Pegowes Kantoran Nih

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi bersepeda ke kantor. Foto: iStock Ilustrasi bersepeda ke kantor. Foto: iStock
Topik Hangat Susahnya Parkir Sepeda
Jakarta - Kebiasaan bersepeda terbukti mampu meningkatkan dan memperbaiki kesehatan. Penerapan kebiasaan ini didukung berbagai jenis sepeda yang ringkas dan mudah dibawa ke berbagai tempat, misal sepeda lipat.

Penerapan kebiasaan bersepeda juga didukung jaringan angkutan umum yang lebih baik, salah satunya KRL commuter line. Bagi yang ingin membawa sepeda ke dalam KRL, berikut tips dari Komunitas Bike to Work (B2W).


1. Pilih model yang ringkas
Sepeda yang ringkas dan mudah dilipat bisa dipilih untuk dibawa dalam KRL. Menurut Ketua B2W Indonesia Poetoet Soedarjanto, sepeda lipat kini sudah bisa masuk ke gerbong KRL.

2. Menerapkan etika
"Saya selalu mengingatkan anggota untuk mengutamakan etika saat bawa sepeda. Maksudnya saat KRL penuh sebaiknya tidak bawa sepeda atau memilih saat gerbong biasanya lebih kosong," kata Poetoet.

Etika adalah upaya komunitas menghormati pengguna KRL lain yang tidak bawa sepeda. Niat baik hidup lebih sehat dengan bersepeda tidak lantas mengorbankan hak lain dalam KRL.

3. Bila tidak dibawa, sepeda dititipkan di tempat yang aman
Bagi yang sepedanya tidak bisa dibawa dalam KRL, Poetoet menyarankan menitipkan sepeda di tempat yang terjamin keamanannya. Bila tidak ada lahan parkir, sepeda bisa dititipkan di fasilitas dekat stasiun yang disediakan penduduk sekitar.

"Saya biasanya parkir dekat Stasiun Tigaraksa jika harus ke Jakarta. Karena di stasiun tidak ada lahan parkir, maka saya menitipkannya di parkiran milik penduduk sekitar," kata Poetoet.


Galau memikirkan hidup di umur 20-30an? Simak obrolan dengan psikolog dalam video Bicang Sehat berikut:

[Gambas:Video 20detik]


3 Tips Bawa Sepeda di Kereta, Penting Buat Pegowes Kantoran Nih
(Rosmha Widiyani/up)
Topik Hangat Susahnya Parkir Sepeda