Minggu, 28 Apr 2019 17:07 WIB

Payudara Millendaru Disebut Makin Besar, Ini 6 Penentu Ukuran Buah Dada

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Ada banyak faktor yang menentukan ukuran payudara (Foto: iStock) Ada banyak faktor yang menentukan ukuran payudara (Foto: iStock)
Jakarta - Netizen heboh memperbincangkan payudara Millendaru, keponakan laki-laki Ashanty, yang dianggap makin besar. Selebriti yang selalu tampil feminin ini dituding pasang implan.

Secara umum, ukuran dan bahkan bentuk payudara sangat bervariasi. Terlebih pada wanita. Tidak ada standar baku terkait ukuran 'normal' payudara, walau selalu ada anggapan bahwa yang besar lebih menarik.

Beberapa faktor yang mempengaruhi ukuran payudara adalah sebagai berikut, dikutip dari Self.



1. Riwayat keluarga
Gen mempengaruhi banyak hal terkait penampilan, mulai dari warna rambut hingga tinggi badan. Tak terkecuali ukuran payudara. Walau bukan satu-satunya penentu, ukuran payudara cenderung lebih besar bila dalam keluarganya juga ada yang memiliki payudara besar.

2. Berat badan
Payudara tersusun oleh berbagai macam jaringan tubuh, terutama lemak. Berat badan berlebih, jika didominasi oleh lemak, maka cenderung memeberikan ukuran payudara yang lebih besar karena banyaknya lemak yang juga menumpuk di area tersebut.

3. Olahraga
Beberapa jenis gerakan olahraga seperti chest press dan push up bisa membuat payudara 'tampak' lebih besar. Membesarnya jaringan otot di area dada membuat payudara tampak lebih membusung.



4. Hormon
Seseorang yang menggunakan metode kontrasepsi hormonal, semacam pil KB, berpeluang mengalami pertumbuhan payudara. Umumnya terjadi karena reteksi cairan yang terjadi karena pengaruh kandungan hormon di dalamnya.

5. Hamil dan menyusui
Saat hamil dan menyusui, payudara cenderung membesar karena pengaruh hormon progesteron. Kadang-kadang ukurannya kembali seperti semula beberapa bulan setelah berhenti menyusui.

6. Usia
Berubahnya komposisi jaringan tubuh, khususnya payudara, membuat payudara tampak lebih kecil setelah melewati usia paruh baya. Selain itu, menurunnya elastisitas kulit di area tersebut juga membuat bentuknya sulit untuk tetap terjaga.

(up/up)
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya