Minggu, 28 Apr 2019 18:10 WIB

Mendengar 'Sesuatu' Belum Tentu Skizofrenia, Bisa Jadi Cuma Stres Biasa

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Stres dan gangguan kegelisahan juga bisa memicu halusinasi (Foto: iStock) Stres dan gangguan kegelisahan juga bisa memicu halusinasi (Foto: iStock)
Jakarta - Pernahkah tiba-tiba mendengar sesuatu yang sebenarnya tidak ada? Halusinasi seperti yang dialami pengidap skizofrenia ternyata terjadi juga saat stres atau gelisah.

Baru-baru ini ilmuwan mengingatkan para dokter untuk tidak buru-buru menjatuhkan diagnosis skizofrenia pada pasien yang mendengar sesuatu. Dari 54 pasien yang dinyatakan skizofrenia, diperkirakan cuma 26 pasien yang benar-benar mengalaminya.

Disebutkan, dokter terlalu cepat mendiagnosis skizofrenia hanya karena pasien mengeluhkan mendengar suara-suara yang sebenarnya tidak ada. Halusinasi merupakan salah satu gejala yang ditemukan pada gangguan kejiwaan psikosis, seperti skizofrenia.

"Diagnosis yang salah bisa merusak bagi seseorang, khususnya salah diagnosis terkait gangguan mental," kata Krista Baker, seorang peneliti dari John Hopkins University yang melakukan penelitian itu, dikutip dari Dailymail.



Dalam penelitian ini, Baker dan tim mengalanisis 78 pasien yang dirujuk ke Johns Hopkins Early Psychosis Intervention Clinic antara tahun 2011 hingga 2017.

Dari 54 yang sebelumnya dinyatakan mengidap spektrum skizofrenia, ternyata hanya 26 yang benar-benar mengalaminya. Sisanya, ternyata hanya mengalami gangguan kegelisahan maupun gangguan suasana hati.

(up/up)
News Feed