Senin, 29 Apr 2019 12:28 WIB

Peggy Melati Sukma Divonis Idap Tumor, Ini Bedanya dengan Kanker

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Aktris Peggy Melati Sukma dikabarkan mengidap tumor (Foto: Desi Puspasari/detikHOT) Aktris Peggy Melati Sukma dikabarkan mengidap tumor (Foto: Desi Puspasari/detikHOT)
Jakarta - Aktris Peggy Melati Sukma mengaku tengah mengidap tumor sejak 4 bulan terakhir. Tidak disebutkan di bagian tubuh manakah tumor tersebut tumbuh, namun Peggy menganggapnya sebagai 'rezeki' dari Allah.

Istilah tumor kerap dikaitkan dengan kanker. Meski sama-sama bisa ditandai dengan benjolan di tubuh, tumor dan kanker adalah dua hal yang berbeda. Bisa saling berkaitan, bisa juga tidak.

"Jadi, semua benjolan yang tidak normal namanya adalah tumor. Tumor itu ada yang ganas ada yang jinak," jelas Prof Dr dr Soehartati, SpRad, Onk.Rad, ahli kanker dari RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), dalam sebuah wawancara dengan detikHealth.

"Kalau yang jinak, di operasi 15 menit selesai. Tapi kalau yang ganas, tidak ada batas antara jaringan normal dan kanker," lanjutnya.



Dikutip dari Medicalnewstoday, tumor adalah massa abnormal dari jaringan tubuh. Bisa padat, bisa juga berisi cairan. Bisa menjadi kanker, bisa juga tidak. Simpelnya, tumor adalah semua benjolan atau pembengkakan yang tidak selalu berbahaya.



Jenis tumor sangat beragam. Namun secara umum dikelompokkan menjadi 3 kategori:

1. Tumor jinak
Jenis ini bukan kanker dan tidak menyebar. Ketika diangkat lewat operasi, umumnya tidak muncul lagi.

2. Tumor premalignant atau prakanker
Jenis ini juga bukan kanker, tetapi potensial berkembang menjadi kanker.

3. Tumor ganas
Jenis tumor inilah yang biasanya disebut dengan istilah 'kanker'. Bisa tumbuh, menyebar, dan memburuk.



Terkadang, tidak ada pembatas yang tegas antara kanker, prakanker, dan tumor jinak. Dalam beberapa kasus, dokter hanya bisa memberikan perkiraan, terutama bila tumor berada di tengah spektrum dan berubah dengan cepat. Tumor yang awalnya jinak bisa saja menjadi prakanker, dan bukan tidak mungkin jadi kanker walaupun memang tidak selalu demikian.



Simak Juga 'Apa Benar Perempuan Rentan Terserang Kanker daripada Laki-laki?':

(up/kna)