Senin, 29 Apr 2019 13:22 WIB

Ayah Peggy Melati Sukma Punya Kanker, Faktor Keturunan Bisa Picu Tumor?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Tak cuma Peggy Melati Sukma, sang ayah juga mengidap tumor (Foto: Desi Puspasari/detikHOT) Tak cuma Peggy Melati Sukma, sang ayah juga mengidap tumor (Foto: Desi Puspasari/detikHOT)
Jakarta - Akris Peggy Melati Sukma sudah empat bulan bergelut dengan tumor. Sementara ayahnya, disebutnya mengidap kanker. Apakah faktor keturunan turut berpengaruh?

Seperti dibahas sebelumnya, tumor dan kanker merupakan istilah awam untuk menyebut tumor, yang sebenarnya adalah pertumbuhan jaringan tubuh yang tidak normal, berdasarkan sifat keganasannya. Tumor biasanya merujuk pada tumor jinak, dan kanker adalah tumor ganas.

Dikutip dari Medicinenet, faktor risiko kanker maupun tumor sangat beragam. Mulai dari usia, paparan rokok, radiasi, hormon, infeksi, dan bahkan kegemukan.

Dari sekian banyak faktor risiko tumor yang dikenal, ada yang bisa dikendalikan dan ada yang tidak. Riwayat keluarga seperti dialami Peggy termasuk dalam kategori faktor risiko yang tidak bisa dikendalikan.



Beberapa mitos yang perlu diluruskan terkait faktor riwayat keluarga adalah sebagai berikut, dikutip dari cancer.org.

MITOS: Jika tidak ada anggota keluarga yang terkena kanker, maka seseorang tidak akan kena kanker.

KENYATAAN: Sebagian besar orang yang mengidap kanker tidak punya riwayat penyakit serupa di keluarganya. Hanya 5-10 persen kanker yang dipicu faktor keturunan.

MITOS: Sebaliknya jika ada yang kena kanker di keluarga, maka seseorang juga akan kena kanker.

KENYATAAN: Jika beberapa orang dalam satu keluarga kena kanker, maka belum tentu karena faktor keturunan. Adanya faktor risiko yang sama, misal sama-sama suka merokok, sama-sama makan yang tidak sehat, dan sama-sama jarang olahraga, lebih banyak ditemukan.



MITOS: Jika punya riwayat kanker yang kuat dalam keluarga, maka tidak ada yang bisa dilakukan untuk menghindarinya.

KENYATAAN: Skrining atau deteksi dini pada beberapa jenis kanker bisa mencegah dampak terburuk, atau bahkan mencegah kemunculannya. Modifikasi gaya hidup menjadi lebih sehat dan menghindari faktor risiko lain, seperti berhenti merokok dan lebih rajin olahraga, juga bisa meminimalkan pengaruh faktor riwayat keluarga.



Simak Juga 'Peggy Melati Anggap Penyakit Tumornya Rezeki dari Tuhan':

[Gambas:Video 20detik]

(up/kna)
News Feed