Senin, 29 Apr 2019 18:53 WIB

Suami Kelihatan Cuek Usai Bercinta? Ahli Beberkan Alasannya

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi suami cuek usai bercinta. Foto: thinkstock Ilustrasi suami cuek usai bercinta. Foto: thinkstock
Jakarta - Usai seks, umumnya pasangan suami-istri (pasutri) inginnya rileks sejenak dan saling berpelukan. Namun bagaimana jika suami malah alih-alih melakukannya, malah mengambil ponsel atau langsung tertidur begitu saja?

Ada banyak kebiasaan usai seks yang dilakukan para pasutri, dan bukanlah hal aneh jika kamu merasa curiga apabila kamu melihat pasangan melakukan hal yang tak biasanya dilakukan. Terapis seks Emily Jamea menyebutkan, hal ini bisa jadi disebabkan perbedaan biologis antara pria dan wanita.

"Beberapa kimiawi dan neurotransmitter dilepaskan setelah orgasme, namun pria memiliki sekelompok kimia yang langsung menimbulkan rasa kantuk," katanya, dikutip dari CNN.



Memahami hal ini dari perspektif biologis bisa mencegah para istri merasa tersinggung. Emily juga kerap mendorong para pria setidaknya menginisiasi sedikit berpelukan. Secara umum, jika pasangan merasa puas dengan apa yang terjadi usai seks, biasanya merasa puas dengan seks itu pula, dan juga hubungan mereka.

"Wanita sering disosialisasikan bahwa seks dan keintiman adalah satu hal yang sama, sehingga mereka bisa saja mengira kurangnya kasih sayang usai seks sama dengan pasangan tidak lagi memedulikan mereka. Rasa kasih sayang ini mereka anggap sebagai simbol keintiman, kepedulian dan perhatian dari pasangan mereka," kata terapis seks Renée Burwell

Sebenarnya, sesi pasca seks ini ideal untuk memperkuat ikatan intim dengan pasangan, lanjut Emily. Saat bercinta kita akan berada dalam tingkatan emosional dan fisik yang paling lemah. Sayangnya, dewasa ini kebanyakan pasutri lebih fokus pada apa yang terjadi saat seks itu sendiri ketimbang usai melakukannya.

Oleh karena itu, Emily dan para ahli menyarankan para suami untuk setidaknya tidur atau duduk mengarah ke istri. Tak masalah jika dilakukan sambil memegang ponsel atau mengantuk, para suami juga memeluk istri dan memberikan sedikit kata-kata romantis saja sudah cukup membuat pasutri semakin merasa 'dekat'.

(frp/up)
News Feed