Selasa, 30 Apr 2019 09:50 WIB

Diabetes Tetap Bisa Puasa Ramadan, Ini Syaratnya

Widiya Wiyanti - detikHealth
Pedagang tajil saat Ramadan (Foto: Pradita Utama)
Jakarta - Bukan hanya pengidap mag yang ketar-ketir untuk berpuasa, pengidap diabetes pun demikian. Bagaimana tidak, kegiatan puasa pastinya memengaruhi kadar gula dalam darah.

Namun bukan berarti pengidap diabetes tidak diperbolehkan berpuasa lho. Dokter spesialis gizi klinis dari RS Pondok Indah dr Juwalita Surapsari, MGizi, SpGK mengatakan pengidap diabetes idealnya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter 6-8 minggu sebelum puasa.

"6-8 minggu dilihat lagi gula darahnya turun berulang atau hipoglikemik atau nggak, atau pernah komplikasi akut dalam tiga bulan terakhir. Dilihat lagi risikonya," ujarnya saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Senin (29/4/2019).



dr Juwalita menegaskan bahwa pasien diabetes tipe 1 dan pasien yang kontrol kendali diabetesnya tidak bagus tidak disarankan untuk berpuasa karena berisiko sangat tinggi. Selain itu, pasien diabetes mellitus dalam kehamilan atau yang sedang hamil juga tidak disarankan untuk berpuasa.

"Yang dianggap boleh puasa itu diabetes tipe 2 yang pengobatannya lifestyle modification atau hanya minum obat," tegasnya.



Diabetes Tetap Bisa Puasa Ramadan, Ini Syaratnya
(wdw/up)