Selasa, 30 Apr 2019 10:32 WIB

Kenali Faktor U yang Bikin Badan Mudah Lelah

Tia Reisha - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Faktor U alias usia tentu bisa mempengaruhi kesehatan, termasuk membuat badan mudah lelah. Medical Advisor Kalbe Nutritionals dr. Ervina Hasti W mengatakan faktor usia memang bisa memperparah kondisi tubuh yang menjadi mudah lelah meskipun penyebab utamanya adalah gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat.

"Saat memasuki usia 30 proses penuaan sebenarnya sudah dimulai, namun tandanya belum terlalu terlihat jelas. Salah satu yang biasanya mulai terasa adalah lebih mudah lelah, badan mudah pegal atau tulang terasa kaku walaupun melakukan aktivitas fisik yang cenderung biasa saja ketika dilakukan waktu usia kita lebih muda," ujarnya kepada detikHealth, Selasa (30/4/2019).


Menurutnya, pertambahan usia mempengaruhi perubahan hormonal, yaitu membuat penurunan beberapa hormon. Selain itu, stres juga akan membuat tubuh semakin mudah lelah. Bahkan, tubuh juga akan lebih lama pulih saat usia 30-an dibanding saat usia 20-an.

Untuk itu, dr. Ervina menyarankan untuk selalu menjaga kesehatan tubuh selagi masih di usia produktif. Salah satunya dengan menerapkan pola hidup sehat yang dimulai dari mengatur pola makan dengan gizi seimbang, bervariasi, dan mempertimbangkan porsi asupan serta energi yang dibutuhkan.

"Apabila asupan nutrisi terutama protein, vitamin D, dan kalsium tidak adequat, dapat mempengaruhi kesehatan sendi dan tulang. Bahkan bila berlangsung terus menerus, di kemudian hari bisa menyebabkan tulang lebih rapuh dan mudah patah," sambung dr. Ervina.


Untuk melengkapi asupan nutrisi yang diperlukan tubuh, dr. Ervina juga menyarankan untuk rutin meminum susu yang kaya nutrisi untuk membantu menjaga massa otot, tinggi kalsium dan vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang, serta mengandung antioksidan untuk membantu menangkal radikal bebas.

Agar semua kebutuhan nutrisi tersebut tercukupi, konsumsi Entrasol yang tidak hanya baik untuk tulang, namun juga bisa melindungi organ tubuh dari serangan radikal bebas dan mencegah penuaan dini. Sebab, Entrasol mengandung hytolive atau ekstrak zaitun dengan antioksidan alami.


Kenali Faktor U yang Bikin Badan Mudah Lelah
(mul/ega)