Minggu, 05 Mei 2019 17:57 WIB

Lupa Lepas Lensa Kontak Sebelum Tidur Berisiko Kena Infeksi Mengerikan

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Lupa melepas lensa kontak saat tidur, pria ini terkena infeksi mengerikan. Foto: Thinkstock Lupa melepas lensa kontak saat tidur, pria ini terkena infeksi mengerikan. Foto: Thinkstock
Jakarta - Mungkin sebagian dari kita menganggap enteng soal lupa melepas lensa kontak sebelum tidur. Namun sebuah foto viral di Facebook menunjukkan seorang pria terkena infeksi mengerikan di mata, yang disebabkan karena ia tertidur dengan lensa kontak masih menempel.

Foto tersebut diunggah oleh Dr Patrick Vollmer, seorang dokter mata di Vita Eye Clinic in Shelby, Carolina Utara. Dr Volmer menjelaskan bahwa pasien berusia 34 tahun tersebut mengalami infeksi bakteri pseudomonas yang berubah menjadi borok mengerikan, secara medis disebut Pseudomonas ketitisis terkait kontak lens.

Infeksi ini menyebabkan inflamasi pada kornea mata dan merupakan kondisi darurat medis, bisa menyebabkan kebutaan permanen apabila tidak segera ditangani dengan antibiotik. Walaupun sudah diobati, pasien juga akan tetap mengalami sedikit kehilangan penglihatan.


"Hanya butuh beberapa detik untuk melepas lensa kontakmu namun berpotensi menyebabkan kerusakan permanen seumur hidup jika kamu menyepelekannya. Orang-orang perlu melihat foto-foto ini dan mengingatkan diri mereka sendiri, keluarga, atau teman untuk lebih berhati-hati soal penyalahgunaan lensa kontak," tulis Dr Vollmer, dikutip dari NBC News.

Bakteri pseudomonas berada di mana-mana, biasanya berada di tanah, tanaman, hewan dan air. Bakteri ini menyenangi lingkungan yang lembab dan hangat dan cenderung menginfeksi orang yang sistem imunnya sedang menurun. Namun bagi yang sehat juga bisa saja terinfeksi dalam keadaan tertentu.

Pria tersebut disebut tertidur usai berenang, lalu matanya mengeluarkan nanah kuning cerah. Lensa kontak berada langsung dengan mata dan menyebabkan bakteri dan virus dengan mudah terjebak. Sehingga saat mereka tak melepasnya, bakteri bisa membusuk.

Infeksi pseudomonas cukup langka dan bukan infeksi yang umum ditangani oleh dokter mata. Sangat disarankan untuk tidak berenang ataupun tertidur dengan mengenakan lensa kontak, dan ganti lensa serta tempat penyimpanannya sesuai petunjuk untuk mengurangi risiko tersebut.

(frp/kna)