Senin, 06 Mei 2019 14:34 WIB

Tidur Itu Ibadah, Ini Manfaat Tidur Siang Singkat Saat Puasa

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi tidur siang. Foto: admn Ilustrasi tidur siang. Foto: admn
Jakarta - 'Tidur itu ibadah' selalu menjadi slogan agar bisa menikmati tidur siang di kala berpuasa. Tak perlu khawatir disebut pemalas, karena sebenarnya tidur siang singkat memiliki manfaat.

Dikutip dari Times, survei eksperimen yang dilakukan psikolog dari University of Hertfordshire, Prof Richard Wiseman mengaitkan antara kebiasaan tidur siang dengan tingkat kebahagiaan seseorang.

Dari survei tersebut ditemukan 66 persen dari 1.000 orang responden yang tidur siang tak lebih dari setengah jam merasa bahagia. Selain itu, Prof Richard mengatakan, studi sebelumnya menemukan bahwa tidur siang bisa membuat seseorang lebih fokus, produktif, dan kreatif. Tapi manfaat tersebut diperoleh bila tidur siang tidak dilakukan lebih dari setengah jam.



Sementara itu, tidur siang juga memiliki manfaat untuk konsentrasi otak dan memulihkan energi. Studi sebelumnya yang membandingkan antara manfaat tidur siang dan kopi menemukan bahwa orang-orang yang tidur siang selama 15-20 menit rata-rata memiliki kewaspadaan yang lebih baik.

Menurut pakar kesehatan Brad Stulberg dan Steve Magness, tidur siang membuat bagian otak yang selalu aktif diberikan kesempatan untuk beristirahat.

"Bahkan jika Anda tidak benar-benar mengalami tidur siang yang nyenyak, istirahat dan menutup mata juga sudah dapat membantu memulihkan otak," tutur Stulberg dikutip dari Men's Health.


Tidur Itu Ibadah, Ini Manfaat Tidur Siang Singkat Saat Puasa
(wdw/up)