Senin, 06 Mei 2019 18:30 WIB

Psikolog Sebut Nonton 'Avengers: Endgame' Bisa Sehatkan Mental

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Avengers: Endgame. Foto: Mindra P Avengers: Endgame. Foto: Mindra P
Jakarta - Beberapa studi sudah dilakukan soal bagaimana film superhero seperti Spider-Man dan Ant-Man bisa membantu melawan fobia akan binatang berkaki banyak. Dan kini, seorang psikolog menyebut film Avengers: Endgame juga memiliki dampak positif bagi kesehatan mental.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Prof Menachem Ben-Ezra dan Dr Yaakov Hoofman dari Israel, menemukan bahwa banyak pengidap fobia serangga merasakan ketakutannya menurun hingga 20 persen saat menonton film tersebut.


Selain soal fobia serangga, ada juga 'terapi sinema' yang bisa menjadi langkah bagus selanjutnya untuk meningkatkan kesehatan mental seseorang. Dalam film Avengers, beberapa superhero seperti Iron Man, Captain America, Thor dan Hulk bekerja bersama-sama untuk menyelamatkan dunia.

"Hal tersebut menunjukkan pentingnya peran dari dukungan sosial dan pertemanan dalam menjaga kesehatan mental yang baik," kata profesor kesehatan dan seni, Victoria Tischler, dikutip dari The Sun.

Ditambah lagi oleh psikolog klinis Rachel Andrew, bahwa evolusi para superhero menjadi karakter yang lebih rumit dan situasi yang rentan dalam diri mereka dapat membantu mengubah persepsi para penggemar Marvel untuk mengatasi situasi yang sulit juga. Apakah kamu juga setuju, detikers?



Psikolog Sebut Nonton 'Avengers: Endgame' Bisa Sehatkan Mental


(frp/up)