Senin, 06 Mei 2019 21:51 WIB

Tipes Vs Typhus, Apa Sih Bedanya?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Penyakit misterius yang menyerang warga Jeneponto dikait-kaitkan dengan infeksi tifus (Foto: thinkstock) Penyakit misterius yang menyerang warga Jeneponto dikait-kaitkan dengan infeksi tifus (Foto: thinkstock)
Jakarta - Penyakit misterius yang menyerang puluhan warga Jeneponto, Sulawesi Selatan belakangan ini disebut mirip gejala tifus. Baru sebatas dugaan awal, karena hasil pemeriksaan menunjukkan negatif tifus.

Apa itu tifus? Sebenarnya ada kesimpangsiuran ketika seseorang mengatakan sakit tifus. Bagi kebanyakan orang awam, tifus adalah nama lain dari sakit tipes yang tak lain adalah istilah populer untuk demam typhoid.



Penyebab demam typhoid alias sakit tipes adalah infeksi Salmonella, bakteri yang menyerang usus. Bakteri ini normalnya ada dalam kotoran manusia dan menginfeksi lewat makanan yang terkontaminasi.

Sesuai namanya, gejala demam typhoid adalah demam tinggi yang disertai lemas. Gejalanya mirip dengan demam berdarah dengue (DBD) sehingga kerap salah diagnosis, terlebih karena sama-sama ditandai dengan trombosit yang rendah.



Meski orang awam menyebutnya sakit tipes atau tifus, demam typhoid adalah penyakit yang sama sekali berbeda dengan typhus. Nama yang terakhir disebut adalah penyakit mematikan yang dipicu oleh infeksi bakteri Rickettsia.

"Typhus adalah penyakit lain dan tidak ada di Indonesia. Penyakit tipes dalam pengertian awam adalah demam typhoid, ini yang banyak di Indonesia," terang dr Paul Harijanto, SpPD-KPTI, pakar penyakit infeksi dari RS Bethesda Tomohon, Sulawesi Utara, dalam sebuah wawancara dengan detikHealth.

(up/up)