Selasa, 07 Mei 2019 03:33 WIB

Dianjurkan Minum 2 Gelas Air Putih Saat Sahur, Ini Manfaatnya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Menjaga hidrasi saat puasa sangat penting dilakukan (Foto: Thinkstock) Menjaga hidrasi saat puasa sangat penting dilakukan (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Sahur adalah kesempatan pertama untuk mengisi tubuh dengan asupan nutrisi yang baik sebelum akan mengosongkan perut selama kurang lebih 12 jam lamanya.

Agar tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa Ramadhan, dianjurkan untuk tetap mengasup 2 liter air atau setara dengan 8 gelas per hari. Tapi kan nggak mungkin langsung meneguk 8 gelas saat sahur. Lalu, gimana dong cara memenuhinya?



"Itu bisa dilakukan dengan minum 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat buka, dan 4 gelas di malam hari," kata Ahli Gizi Universitas Gadjah Mada (UGM) Dr Mirza Hapsari Sakti Titis Penggalih, S.Gz, RD, MPH, kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

Kekurangan cairan bisa menyebabkan badan jadi lemas dan rasa kantuk mudah menyerang. Tapi dr Mirza juga menyarankan untuk pilah pilih minuman yang akan dikonsumsi. Hindari minum teh atau kopi karena dapat meningkatkan produksi urin sehingga menaikkan frekuensi buang air kecil.

"Sahur ini penting, kalau tidak sahur selain menyebabkan badan lemas dan kantuk juga bisa menyebabkan pingsan karenan kurang cairan," pungkasnya.

Bagaimana memenuhi kebutuhan 8 gelas air minum tiap hari saat puasa?Bagaimana memenuhi kebutuhan 8 gelas air minum tiap hari saat puasa? Foto: infografis


(kna/up)