Selasa, 07 Mei 2019 17:26 WIB

Buka Puasa Langsung Merokok? Dokter Ingatkan Efek Nikotin bagi Lambung

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Ilustrasi rokok ilegal (Foto: M Taufiqurrahman/detikcom) Ilustrasi rokok ilegal (Foto: M Taufiqurrahman/detikcom)
Jakarta - Siapa yang sering buka puasa langsung merokok? Alasannya beragam, paling sering sih karena mulut 'asem' kelamaan tidak merokok selama puasa seharian.

Di sela acara 'Peringatan Hari Asma Sedunia: Stop for Asthma', dr Erlang Samoedro, SpP, FISR, Sekretaris Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) menjelaskan semua orang sebenarnya sudah paham betul merokok sendiri saja sudah tidak baik bagi kesehatan, apalagi sampai dilakukan saat perut kosong.

"Saat perut kosong, rokok kan efeknya salah satunya kan ke lambung, jadi dia akan mengalami gastritis atau peradangan lambung kalau dia merokok," jelas dr Erlang.



Ia pun menyarankan untuk melakukan kegiatan lain yang membuat otak terhindar dari paparan nikotin misalnya olahraga yang juga menciptakan dopamin sehingga selalu bahagia, atau mengaji yang menenangkan jiwa.

"Ya selalu ada (dampak negatif -- red). Dampak negatif rokok semuanya juga tahu ya. Penyakit paru sebabnya juga karena rokok kebanyakan. Ya sebaiknya sih nggak merokok. Lebih baik mengaji ya daripada merokok," tandasnya.

(ask/up)