Selasa, 07 Mei 2019 19:30 WIB

Ganti Rokok Pakai Permen, Efektif Bantu Berhenti Merokok?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Permen banyak dipakai untuk membantu berhenti merokok (Foto: iStock) Permen banyak dipakai untuk membantu berhenti merokok (Foto: iStock)
Jakarta - Ketika ingin berhenti merokok banyak orang yang beralih jadi mengisap permen. Tapi apakah benar berhenti merokok bisa didapatkan dengan menerapkan cara tersebut?

Ditemui di sela acara 'Peringatan Hari Asma Sedunia: Stop for Asthma', Dr. Erlang Samoedro, SpP, FISR, Sekretaris Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) memberikan jawabannya.

"Bisa (membantu berhenti merokok -- red) tapi itu kan hanya untuk asem di lidahnya. Ini kan nikotin ketika dopaminnya sudah turun akan sulit digantikan. Jadi akan merasa kurang di otaknya. Permen mungkin tidak bisa menggantikan," jelasnya.



Nah, karena itu diperlukan aktivitas yang benar-benar bisa mengganti efek dari rokok. Ada satu solusi nih, bukan cuma gratis serta memberikan efek yang sama dengan rokok, pilihan yang ini juga lebih menyehatkan! Mau tahu apa?

"Satu aktivitas yang bisa menggantikan ya tadi, olahraga. Olahraga dia akan bisa menggantikan efeknya karena olahraga endorfin akan naik, kortisol akan naik, dopamin juga naik jadi itu bisa mencukupi kebutuhannya dia,"

(ask/up)
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya