Rabu, 08 Mei 2019 04:47 WIB

Viral Challenge Taruh Kecoa di Wajah, Banyak Netizen Komentar Jijik

Firdaus Anwar - detikHealth
Challenge taruh kecoa di wajah. Foto: Tangkapan layar Facebook Challenge taruh kecoa di wajah. Foto: Tangkapan layar Facebook
Jakarta - Untuk membuktikan dirinya di media sosial kadang beberapa remaja melakukan hal-hal 'unik' dan memulai sebuah tren tantangan yang kemudian viral. Belakangan muncul lagi tren yang tidak kalah heboh di mana beberapa remaja mengunggah foto menaruh kecoa di wajahnya sendiri.

"Tantangan baru, bisakah kamu melakukan ini?" tulis salah satu pengguna Facebook yang fotonya sudah dishare sekitar 18 ribu kali mengundang lebih dari 400 komentar.



Menanggapi hal ini beberapa pengguna lain turut mengunggah foto dirinya dengan kecoa. Satu foto bahkan menunjukkan seorang perempuan dengan setengah kecoa di dalam mulut.

Sebagian netizen merasa jijik dan menganggap ini sebagai tantangan bodoh karena kecoa bukan binatang yang bersih. Sementara itu lainnya menduga kalau beberapa foto hanya settingan menggunakan mainan plastik mirip kecoa.

"Itu cuma mainan hahahha," komentar salah satu netizen.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) hingga saat ini masih mendebatkan apakah kecoa hewan yang bisa dianggap sebagai vektor penyakit. Dalam tinjauan terakhir risiko kesehatan yang terbukti dari infestasi kecoak tampaknya didominasi oleh kotoran, kontaminasi makanan dan asma alergik daripada penularan langsung.

"Hal ini disebabkan banyak studi yang mengungkapkan bahwa kecoak memakan kotoran manusia dan menyebarkan atau menghasilkan patogen, mereka memiliki peranan sekunder yang kuat dalam penyebaran penyakit," tutur C. Claiborne Ray, penulis dari The New York Times Book of Science Questions & Answers.

(fds/up)