Kamis, 09 Mei 2019 12:00 WIB

Menolak Kebijakan Wajib Imunisasi, Remaja di AS Malah Kena Cacar Air

Firdaus Anwar - detikHealth
Jerome yang menolak imunisasi dan menuntut sekolahnya kini kena cacar air. (Foto: BBC) Jerome yang menolak imunisasi dan menuntut sekolahnya kini kena cacar air. (Foto: BBC)
Jakarta - Jerome Kunkel (18) dari Kentucky, Amerika Serikat (AS), jadi sorotan dunia saat menuntut sekolahnya sendiri karena tidak diizinkan masuk. Larangan tersebut muncul akibat Jerome menolak imunisasi sementara di sekolah sedang ada wabah penyakit.

Kejadian bermula saat 32 murid di Sacred Heart/Assumption Academy didiagnosis dengan cacar air sekitar pertengahan Maret lalu. Pihak sekolah berdasarkan saran dinas kesehatan setempat lalu mengeluarkan keputusan untuk meliburkan murid yang tidak pernah diimunisasi.


Jerome yang percaya vaksin terbuat dari sel janin manusia menolak imunisasi atas alasan keagamaan. Menurut Jerome sekolah tidak bisa melarangnya untuk masuk sekolah karena penolakan imunisasi atas alasan agama.

Kasus ini sempat bergulir namun pengadilan setempat pada bulan April memenangkan pihak sekolah dan dinas kesehatan.

Kabar terakhir dari Jerome ia kini dirawat karena terinfeksi cacar air. Pengacara keluarga Jerome, Christopher Weist, menyebut gejala penyakit sudah muncul sejak akhir minggu lalu.

"Dari sudut pandang mereka, mereka sadar bahwa mereka mengambil risiko dan tidak menyesalinya," kata Christopher seperti dikutip dari BBC, Kamis (9/5/2019).

Cacar air sendiri adalah penyakit mudah menular yang menyebabkan gejala munculnya bintil berair gatal di kulit. Secara umum cacar air bukan termasuk penyakit mematikan, namun bisa dicegah dengan vaksin.


Menolak Kebijakan Wajib Imunisasi, Remaja di AS Malah Kena Cacar Air
(fds/up)