Sabtu, 11 Mei 2019 04:39 WIB

Benarkah Air Nabeez Berkhasiat? Ini Testimoni Mereka yang Sudah Mencoba

Widiya Wiyanti - detikHealth
Air nabeez yang manfaatnya sama seperti makan kurma. Foto: ilustrasi/thinkstock Air nabeez yang manfaatnya sama seperti makan kurma. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Tren air rendaman kurma atau yang disebut air nabeez meningkat di bulan puasa karena bahan utamanya, kurma mudah didapat di mana-mana. Bukan hanya menyegarkan, air nabeez juga disebut-sebut berkhasiat untuk kesehatan.

Ternyata air nabeez berkhasiat pada ibu dari dua orang anak, Afinii (29). Ia mengaku mengonsumsi air nabeez saat mengandung anak keduanya pada usia 8 bulan. Kurma direndam pada saat malam hari dan dikonsumsi dalam keadaan dingin pada saat sahur.

"Manfaatnya yang dirasa sih, nggak cepat capek, terus kuat dalam menjalani puasa, berarti daya tahan tubuh stabil. Dan pas kontrol ke dokter kan dicek tekanan darah ya, aku kan punya riwayat Hb rendah, tapi Alhamdulillah normal pas waktu itu," ujarnya kepada detikHealth, Jumat (10/5/2019).

Khasiat air nabeez menjadikan seseorang lebih kuat dalam menjalani puasa juga dirasakan Awalinda, seorang karyawan swasta. Ia menjadikan air nabeez sebagai pengganti teh manis dengan menambahkan kayu manis pada rendaman kurma tersebut.

"Gue sih nggak lemes aja selama puasa, tapi banyak manfaat setahu gue," lanjutnya.



Begitu juga khasiat yang dirasakan Sudarmini (49) dalam mengonsumsi air nabeez. Setelah mengonsumsinya sebulan penuh, tubuh menjadi sehat dan hasil pemeriksaan kesehatan pun menunjukkan hasil yang baik.

"Alhamdulillah sehat kuat, pas sebulan penuh periksa (kesehatan) bagus semua hasilnya," tuturnya.

Sama seperti yang dirasakan ibu guru Saptiawati (35) yang merasa lebih segar dan berstamina setelah mengonsumsi air nabeez tersebut. Meskipun menurutnya air nabeez tidak boleh dicampur dengan susu, karena susu mengandung kalsium tinggi, sementara kurma mengandung zat gizi yang tinggi.

Tapi berbeda dengan yang dialami Ajeng (28), setelah mengonsumsi air nabeez selama seminggu ia tidak merasakan perbedaan pada tubuhnya. Ia merasa air nabeez tidak berkhasiat padanya, namun berkhasiat pada mertuanya yang membuat tubuh tidak mudah lelah.

"Entah memang kurang manjur atau gimana ya, gue ngerasanya mah sama aja. Jadi yaudah cuma seminggu doang, selanjutnya kurmanya gue makan biasa aja, lebih greget," ungkap ibu beranak satu itu.



Sementara menurut ustad, dr Zaidul Akbar, air nabeez tidak ubahnya berkhasiat seperti kurma.

"Buat nabeez manfaatnya kaya makan kurma saja," tegasnya.

Salah satu kandungan nutrisi dalam kurma adalah serat yang tidak larut sempurna (insoluble fiber). Serat ini melewati saluran pencernaan dalam bentuk relatif utuh dan mempercepat perjalanan makanan di usus. Serat ini mampu melancarkan buang air besar (BAB) serta mengurangi risiko sembelit dan diare.

Ini Lima Manfaat Buah Kurma untuk Tubuhmu:

[Gambas:Video 20detik]


Benarkah Air Nabeez Berkhasiat? Ini Testimoni Mereka yang Sudah Mencoba
(wdw/up)