Minggu, 12 Mei 2019 12:06 WIB

Kebanyakan Minum Alkohol, Seorang Pria Muntahkan Tumor dari Kerongkongan

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi pria yang memuntahkan sel tumornya sendiri dari kerongkongan. Foto: Thinkstock Ilustrasi pria yang memuntahkan sel tumornya sendiri dari kerongkongan. Foto: Thinkstock
Jakarta - Seorang pria memuntahkan sel tumor sendiri setelah terlalu banyak konsumsi minuman beralkohol. Dikutip dari World of Buzz yang diambil dari Oriental Daily, pria ini berusia 63 tahun dariHubei, China tanpa penjelasan identitas lebih detail.

Sebelumnya pria ini memang merasakan sensasi tidak nyaman di tenggorokan, terutama saat menelan makanan padat. Saat muntah usai minum minuman beralkohol, dia merasakan sensasi sakit tiba-tiba di tenggorokan yang berlanjut munculnya daging seperti bakso dalam mulutnya.

Pria tersebut mengira dia muntah bagian tubuhnya sendiri, sehingga segera minum air untuk menelannya kembali. Setelah memeriksakan diri di Wuhan Hospital, dokter menyatakan daging seperti bakso tersebut adalah tumor. Sel tersebut tumbuh di bagian atas esofagus atau tabung kerongkongan yang dilalui makanan atau minuman sebelum masuk lambung.

Pemeriksaan lebih lanjut menyatakan tumor telah tumbuh hingga tenggorokan. Pertumbuhan tumor berisiko menghalangi jalan udara yang bisa mengancam keselamatan pasien. Untuk mencegah risiko lebih lanjut, dokter melakukan operasi menghilangkan tumor sepanjang 15 sentimeter yang diidentifikasi sebagai fibroma.



Dikutip dari Web MD, fibroma tersusun atas jaringan saling terhubung yang bisa tumbuh di berbagai organ. Fibroma sering dimasukkan golongan benign tumor yang punya risiko kecil bermetastase atau menyebar ke organ lain dalam tubuh.

Meski begitu, fibroma kerap kali harus ditangani dengan operasi karena memicu gejala penyakit lain pada pasien. Pasien yang muntah tumor sendiri tersebut sekarang dikatakan sudah keluar rumah sakit. Pria tersebut kini menjalani masa pemulihan.



3 Juta Orang Meninggal Tiap Tahun Akibat Alkohol? Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]

Kebanyakan Minum Alkohol, Seorang Pria Muntahkan Tumor dari Kerongkongan
(up/up)
News Feed