Senin, 13 Mei 2019 05:15 WIB

Viral Video Balita Minum dari Kaleng Bir, Psikolog: Tidak Ada Faedahnya

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Video viral balita yang diminumkan minuman dalam kaleng bir. Foto: Youtube Video viral balita yang diminumkan minuman dalam kaleng bir. Foto: Youtube
Jakarta - Viralnya video balita yang minum dari kaleng bir membuat netizen terkejut. Nampak seorang wanita yang memberikan minuman kepada bocah tersebut.

Tidak jelas apakah benar bir yang diberikan, namun video ini membuat amarah tersulut bagi banyak warganet.

Monica Sulistiawati, MPsi, Psikolog, dari Personal Growth berpendapat perlu diketahui terlebih dahulu mengenai kebenaran video tersebut, apakah benar yang diminum anak tersebut adalah bir atau minuman yang ditempatkan di dalam kaleng dan sengaja direkam untuk mencari sensasi atau popularitas.


"Hal ini sangat mungkin terjadi karena dewasa ini banyak orang mencari jalan pintas dan bertindak impulsif hanya untuk mendapatkan 'pengakuan', misalnya berharap dirinya mendapatkan like atau diundang ke stasiun tv untuk diwawancara. Namun terlepas apapun motifnya, video tersebut bukanlah video yang pantas untuk diviralkan apalagi ditonton," ungkap Monica.

Monica pun menjelaskan syarat video yang pantas diviralkan dan ditonton. Menurutnya, video itu harus memberikan nilai positif bagi mereka yang merekam, menyebarkan, maupun menonton.

"Sementara dalam video yang disebutkan di atas sama sekali tidak ada nilai positif atau faedah-nya, sebaliknya dapat menyesatkan banyak orang, terutama individu yang belum memiliki pemahaman kesehatan dan parenting bahwa memberikan bir kepada batita diperbolehkan. Ini sangat bahaya," tandasnya.

(ask/up)