Kamis, 16 Mei 2019 03:19 WIB

Sahur Jangan Asal, Dokter Anjurkan Menu Sahur Ini untuk Ibu Hamil

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ibu hamil puasa. Foto: Ilustrasi/iStock Ibu hamil puasa. Foto: Ilustrasi/iStock
Jakarta - Sama seperti kebanyakan orang, saat sahur tidak membuat para ibu hamil serta merta lepas dari kemungkinan makan asal-asalan. Terlebih lagi jika ibu hamil juga ikut menyiapkan makan sahur, terkadang nutrisi dan gizi tidak terlalu diperhatikan.

Padahal saat berpuasa sebulan penuh saat Ramadhan, sangat penting bagi ibu hamil untuk memenuhi asupan tersebut bagi sang bayi dan ibunya. Maka dari itu, Kepala Departemen Maternitas Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (UI), ns Dr Imami Nur Rachmawati, SKp, MSc, menganjurkan untuk merencanakan apa saja yang akan dikonsumsi selama berpuasa.

dr Imami mengatakan dimulai dari sahur, makanan bukan soal kuantitas saja tapi juga kualitas. Hal ini disebabkan ada ukuran kalori yang harus dicapai, sehingga makanan yang dikonsumsi harus bisa menjadi sumber energi ibu hamil, misalnya lewat karbohidrat.

"Jadi makan karbohidrat itu makanan yang dibutuhkan organ kita untuk bergerak sesuai fungsinya. Karena kalau protein, lemak, nariknya harus usaha dulu supaya jadi. Sementara kalau kita makan karbohidrat, itu udah siap pakai siap bekerja," katanya saat ditemui di Depok, Rabu, (15/5/2019).


dr Imami menyebut kesalahan kebanyakan orang adalah hanya mengetahui nasi putih sebagai sumber karbohidrat. Padahal karbohidrat bisa ditemukan di mana saja, seperti pada tepung yang digunakan untuk gorengan dan bahkan gula dalam teh manis.

Ketika sahur sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks merupakan jenis yang tidak mudah terurai sehingga bertahan lebih lama dan membuat kita tidak mudah lapar, misalnya oatmeal dengan susu skim, nasi merah, nasi hitam atau roti gandum utuh, bisa menggunakan selai atau keju.

"Kemudian sayur berkuah. Kenapa sayur berkuah, kadang-kadang waktu sahur belum ada nafsu makan, kalau kita makan yang berkuah itu akan merangsang saliva (air liur) jadi nafsu makan juga akan meningkat," ujarnya.

Lalu bisa dilanjutkan dengan buah segar seperti pisang ataupun buah kering seperti kurma atau kismis. Kacang-kacangan juga dianjurkan untuk dikonsumsi saat sahur dan jangan lupa untuk perbanyak minum agar mengurangi risiko dehidrasi.

(frp/up)