Kamis, 16 Mei 2019 17:51 WIB

Rano Karno Jalani Operasi Batu Empedu, Apa yang Bisa Jadi Penyebabnya?

Firdaus Anwar - detikHealth
Rano Karno mengaku usai menjalani operasi empedu. (Foto: Asep Syaifullah/detikHOT) Rano Karno mengaku usai menjalani operasi empedu. (Foto: Asep Syaifullah/detikHOT)
Jakarta - Aktor 'Si Doel the Movie 2' sekaligus mantan Gubernur Banten Rano Karno mengaku baru saja menjalani operasi empedu. Hal ini dilakukan karena dirinya mengidap penyakit batu empedu yang perlu segera dibuang.

"Saya kemarin ini habis operasi, empedu," ungkap Rano Karno seperti dikutip dari detikHot, Kamis (16/5/2019).

Batu empedu sendiri adalah endapan dari cairan pencernaan kantung empedu. Fungsi dari cairan empedu tersebut adalah membantu proses penyerapan nutrisi di usus dan juga membuang bilirubin, produk sisa hasil daur ulang sel darah merah di hati.


Apa saja yang bisa menyebabkan cairan empedu mengendap hingga akhirnya terbentuknya batu empedu? Menurut Mayo Clinic diketahui bisa karena beberapa faktor berikut:

1. Kolesterol terlalu tinggi

Dalam kondisi normal cairan empedu sebetulnya memiliki senyawa yang bisa membantu melarutkan kolesterol dikeluarkan oleh hati. Namun bila tingkat kolesterol terlalu tinggi maka cairan empedu bisa kewalahan tidak bisa melarutkannya hingga perlahan mengendap dan jadi batu.

2. Terlalu banyak bilirubin

Bilirubin adalah senyawa yang dihasilkan ketika hati kita mendaur ulang sel darah merah berusia tua. Kondisi tertentu seperti sirosis, infeksi, dan penyakit darah bisa membuat hati memproduksi bilirubin berlebih yang berujung pada pembentukan batu empedu.

3. Kantung empedu penuh

Kadang ada beberapa orang yang kantung empedunya tidak bisa cukup cepat mengosongkan cairan empedu. Dampaknya cairan empedu jadi terkonsentrasi hingga mudah terbentuk batu empedu.

(fds/up)
News Feed