Kamis, 16 Mei 2019 20:06 WIB

Herpes Genital Menular Lewat Toilet Umum, Benarkah?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Toilet umum kerap dikira sumber penularan herpes genital (Foto: iStock) Toilet umum kerap dikira sumber penularan herpes genital (Foto: iStock)
Jakarta - Herpes genital adalah salah satu infeksi menular seksual dengan penularan yang cukup tinggi. Penyakit ini disebabkan oleh virus herpes simpleks (HSV) yang menyerang alat kelamin pria maupun wanita.

Mengenai proses penularan, banyak orang yang menyangka mereka tertular saat menggunakan toilet umum baik yang terlihat jorok maupun bersih.

"Seringkali pasien salah sangka, saat konsul mereka mengira dapat herpes genital ketika menggunakan toilet umum padahal penularannya bukan dari situ," kata spesialis kulit dan kelamin dari Klinik Pramudia, dr Wresti Indriatmi, SpKK, MEpid, kepada detikHealth, Kamis (16/5/2019).



dr Wresti menuturkan virus herpes ini ditularkan kontak kulit dari daerah yang terinfeksi saat melakukan hubungan seksual. Pada pria virusnya bisa tersapat pada penis atau preputium dan wanita pada vulva, perineum, bokong, vagina, maupun serviks.

"Biasanya yang terkena herpes genital berada di usia dewasa muda, 20-40 tahun. Maka dari itu, disarankan untuk melakukan pencegahan dengan tidak berganti-ganti pasangan dan selalu menjaga kebersihan pada area genital," pungkasnya.

(kna/up)