Jumat, 17 Mei 2019 16:26 WIB

Belum Ditemukan Penularan Cacar Monyet dari Manusia ke Manusia

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Pemeriksaan suhu tubuh penumpang dari Singapura. (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom) Pemeriksaan suhu tubuh penumpang dari Singapura. (Foto: Angling Adhitya Purbaya/detikcom)
Jakarta - Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI, Anung Sugihantono, mengatakan monkeypox adalah penyakit atau virus yang inang utamanya adalah hewan, dalam hal ini adalah monyet dan sejauh ini hanya di temukan di Afrika.

Di Indonesia sendiri, belum pernah menemukan inang atau tempat infeksi untuk monkeypox. Selain itu penularan cacar monyet dari manusia ke manusia sangat jarang bahkan belum ada.



"Sampai sekarang kalau kita bicara mekanisme penularan antar-manusia, kita tidak atau belum menemukan mekanisme penularan dari human to human. Yang ada hanyalah dari hewan kepada manusia dan hewannya yang saat ini diyakini masih berada di Afrika," katanya saat dijumpai di Kantor Kementerian Kesehatan RI, Jl HR Rasuna Said, Jumat, (17/5/2019).

Anung menambahkan tim riset vektoral pun tidak menemukan potensi penularan cacar monyet dari manusia ke manusia. Meski demikian, Kemenkes tetap mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan menghindari kontak dengan hewan inang.

"Meski di sini kita belum menemukan inangnya tetapi hewan inangnya kan kita ada. Monyet, tikus, tupai, kan ada," pungkasnya.

(kna/kna)
News Feed