Sabtu, 18 Mei 2019 10:24 WIB

Selain Cacar Monyet, 3 Potensi Wabah Ini Terdeteksi dengan Thermal Scanner

Rosmha Widiyani - detikHealth
Thermal scanner bisa mencegah masuknya sejumlah penyakit, salah satunya cacar monyet. Foto: Suparno Thermal scanner bisa mencegah masuknya sejumlah penyakit, salah satunya cacar monyet. Foto: Suparno
Jakarta - Thermal scanner atau alat pendeteksi suhu tubuh ternyata tak hanya untuk mengantisipasi masuknya cacar monyet. Penyakit lain juga bisa dicegah masuk Indonesia dengan alat ini.

"Kita sudah pasang alat ini sejak 2003 atau 2004. Selain cacar monyet tentu ada penyakit lain yang bisa dicegah masuk Indonesia dengan alat ini," kata Kepala Bidang Pengendalian Karantina dan Surveilans Epidemiologi (PKSE) KKP Kelas I Batam Romer Simanungkalit pada detikHealth.


Menurut Romer, thermal scanner cukup efektif sebagai penapis awal infeksi menggunakan suhu tubuh. Berikut beberapa penyakit yang kini menjadi perhatian dan dicegah jangan sampai masuk Indonesia.

1. SARS

Romer mengatakan, pemasangan thermal scanner bersamaan dengan antisipasi Indonesia menghadapi Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Sindrom pernapasan akut berat ini diakibatkan serangan virus Corona. Pasien SARS bisa meninggal bila tak segera ditangani.

2. MERS

Middle East Respiratory Syndrome (MERS) pertama kali dilaporkan pada 2012. Penyakit ini punya tanda serupa SARS yaitu demam, batuk, dan napas pendek. MERS juga diakibatkan virus Corona sehingga disebut MERS-CoV. Penyakit ini belum punya sistem pengobatan khusus menghadapi MERS.

3. Ebola

Upaya antisipasi ebola sebetulnya sudah mereda dibanding cacar monyet, yang kini tengah menjadi sorotan. Namun KKP tetap harus waspada karena Batam adalah wilayah perdagangan strategis yang didatangi warga dari berbagai negara. Serangan virus ebola mengakibatkan pasiennya demam, diare, dan mengalami pendarahan.




Tonton video Kenali Gejala dan Waspada Cacar Monyet:

[Gambas:Video 20detik]


Selain Cacar Monyet, 3 Potensi Wabah Ini Terdeteksi dengan Thermal Scanner
(up/up)