Selasa, 21 Mei 2019 10:10 WIB

Prabowo Imbau Aksi 22 Mei Tetap Damai, Ini Tips Aman dan Sehat Selama Demo

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Foto: Momen Jokowi-Prabowo berpelukan (dok. Instagram Prabowo) Foto: Momen Jokowi-Prabowo berpelukan (dok. Instagram Prabowo)
Jakarta - Pemilu memang sudah usai, namun sejumlah warga diprediksi akan mengikuti aksi 22 Mei. Meski begitu, Capres Prabowo Subianto berpesan agar aksi tersebut berjalan dengan damai.

"Karena itu, Saudara sekalian, Sahabat-sahabatku, apa pun tindakan dan aksi dan kegiatan yang Saudara-saudara ingin lakukan besok, kalau mereka... kalau Saudara-saudara sungguh-sungguh mau mendengarkan saya, saya terus imbau agar semua aksi, semua kegiatan, berjalan dengan semangat perdamaian. Langkah kita adalah langkah konstitusional, langkah demokratis, tetapi damai tanpa kekerasan apa pun," kata Prabowo dalam video yang disampaikan tim Badan Pemenangan Nasional (BPN) pada Selasa (21/5/2019) dini hari.


Nah, setuju nggak sama Prabowo? Kalau kamu memutuskan tetap kekeuh untuk ikut demonstrasi besok, jangan sampai kamu lalai menjaga keselamatan dan kesehatan. Intinya pahami kondisi dirimu sendiri, ya.

Dikutip dari Yale Student Life, ini dia tips yang bisa kamu terapkan.

1. Ada temannya

Langkah pertama yang harus kamu siapkan adalah teman. Pastikan kamu telah merencanakan segala sesuatu hal dengan detail misalnya tempat bertemu kalau-kalau kamu terpisah dengan temanmu -- namanya demonstrasi kan suka ramai?

Kamu juga bisa memanfaatkan fitur track location di gadget agar temanmu bisa menemukanmu dengan mudah jika seandainya terpisah.

2. Apa yang harus dibawa

Selain bawa kartu identitas, kartu kredit atau uang tunai, bawa juga kertas dan pena serta daftar nomor kontak untuk berjaga-jaga.

Paling penting, bawalah camilan berenergi dan sebotol air yang bisa kamu bertahan untuk waktu 4-8 jam. Kenakan juga tabir surya dan jangan lupa kotak P3K kecil yang mencakup perban dan tisu desinfektan.


3. Kalau kamu punya kondisi medis khusus...

Jika kamu memiliki diabetes, asma, atau kondisi medis lainnya, pastikan kamu memiliki obat, monitor gula darah, inhaler, atau persediaan kesehatan lainnya. Kalau tidak kuat, sudah jangan dipaksakan. Lebih baik cari tempat untuk beristirahat atau jika memungkinkan langsung kembali saja ke rumah.

4. Tetap aman selama demonstrasi

Pahami lah bagaimanapun demonstrasi tidak dapat diprediksi. Maka dari itu bersiaplah untuk hal-hal yang tidak terduga terjadi.

Ketika kamu tiba di acara tersebut, kamu harus selalu sadar akan apa yang terjadi di sekitarmu. Analisa apakah situasi tetap terasa damai? Apakah polisi meminta kamu pindah atau tetap di tempat kamu sekarang? Apakah kerumunan menjadi sangat macet dan akan lebih bijaksana untuk pindah ke pinggiran?

Hindari aktivitas yang melanggar hak orang lain, seperti memblokir dan mencegah perpindahan atau akses orang lain.


Sebelumnya dikutip dari detikNews, Polda Metro Jaya menyiapkan pengamanan untuk mengamankan pengumuman Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu 22 Mei 2019. 50 Ribu personel diturunkan untuk mengamankan kegiatan tersebut. Kombes Argo Yuwono kepada wartawan di Polda Metro Jaya menjelaskan mengenai hal tersebut.

"Namanya menyampaikan pendapat di muka umum itu boleh sesuai UU boleh tetapi tidak absolut artinya ada rambu-rambu yang mengatur. Misalnya di dalam UU itu jangan sampai mengganggu ketertiban umum, jangan sampai mengganggu persatuan kesatuan bangsa. Kemudian dalam UU itu ada sanksinya bisa dibubarkan seandainya itu nggak sesuai aturan yang ada," pungkas Argo.

Nah, sekarang yuk Indonesia kembali bersatu! Bagi yang kamu yang ikutan aksi, jalankan aksi dengan damai dan tertib ya. (ask/up)