Selasa, 21 Mei 2019 14:50 WIB

Kata Dokter Jiwa Soal Susahnya Menerima Hasil Pilpres yang Tak Sesuai Harapan

Rosmha Widiyani - detikHealth
Tak semua orang bisa menerima hasil Pilpres 2019 dengan lapang dada (Foto: Pradita Utama) Tak semua orang bisa menerima hasil Pilpres 2019 dengan lapang dada (Foto: Pradita Utama)
Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan rekapitulasi hasil Pemilu 2019. Sebagian sudah menerima namun ada yang masih menolak hasil tersebut.

Menurut Kepala Instalasi Rehabilitasi Psikososial Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Marzoeki Mahdi dr Lahargo Kembaren, SpKJ, menerima hasil Pemilu 2019 atau kompetisi lain tidak selalu mudah. Apalagi bila hasilnya tidak sesuai harapan.

"Ada 5 fase hingga akhirnya bisa melalui tahap acceptance atau menerima hasil. Mereka yang tertahan di 4 fase sebelumnya mungkin sudah memiliki stres dalam kehidupannya," kata dr Lahargo pada detikHealth, Selasa (21/5/2019).



Menurut dr Lahargo, stres menandakan adanya suatu masalah psikologis hingga menimbulkan gangguan pada kehidupan normal. Gangguan ini pada akhirnya merusak fungsi seseorang dalam kehidupan sehari-hari, hingga berisiko menurunkan produktivitas.

Stres tersebut tentunya bisa dikendalikan hingga seseorang bisa lebih mudah menerima hasil kompetisi. Misalnya dengan manajemen stres yang memudahkan seseorang berdamai dengan diri sendiri, lingkungan, dan hidup lebih rileks.

(up/up)