Selasa, 21 Mei 2019 16:19 WIB

Jagoan Kamu Menang Pilpres? Dokter Jiwa Punya Pesan Khusus

Rosmha Widiyani - detikHealth
KPU telah mengumumkan hasil final Pemilu 2019 (Foto: Pradita Utama) KPU telah mengumumkan hasil final Pemilu 2019 (Foto: Pradita Utama)
Jakarta - Hasil Pemilu 2019 yang sudah diumumkan menjawab dengan jelas pihak yang menang dan kalah. Pihak yang menang mungkin tidak ada masalah menerima hasil tersebut.

Namun layaknya manusia, kemenangan berisiko membawa pada sikap sombong hingga tanpa sadar menyakiti orang lain. Psikiater dr Lahargo Kembaren, SpKJ berpesan supaya tidak terlalu membesar-besarkan kemenangan.

"Jangan digembar-gemborkan, lebih baik santai-santai saja. Kemenangan tak perlu ditanggapi berlebihan. Sama dengan kalah, kemenangan adalah bagian dari warna-warni hidup," kata dr Lahargo yang juga menjadi Kepala Instalasi Rehabilitasi Psikososial Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Marzoeki Mahdi.



Selain tidak berlebih-lebihan, dr Lahargo juga menyarankan lebih rileks menghadapi kemenangan. Rileks memudahkan pengendalian diri sehingga tidak sampai memancing emosi dari pihak yang kalah.

"Nggak ada gunanya berlebih-lebihan menyikapi hasil Pemilu. Menang atau kalah, hidup harus tetap dijalani dengan lebih bermakna," kata dr Lahargo.

(up/up)