Selasa, 21 Mei 2019 17:24 WIB

4 Trik Manajemen Stres Agar Lapang Dada Menerima Hasil Pilpres 2019

Rosmha Widiyani - detikHealth
Sebagian kalangan tidak menerima hasil Pilpres 2019 karena menilai ada kecurangan (Foto: Pradita Utama) Sebagian kalangan tidak menerima hasil Pilpres 2019 karena menilai ada kecurangan (Foto: Pradita Utama)
Jakarta - Pemilu 2019 yang hasilnya sudah diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih menyisakan polemik. Tidak semua perserta, pendukung, dan simpatisan bisa langsung menerima hasil tersebut.

Terlepas dari tudingan soal adanya kecurangan, bisa tidaknya seseorang menerima hasil yang tak sesuai harapan terkait dengan adanya faktor stres. Menurut Kepala Instalasi Rehabilitasi Psikososial Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Marzoeki Mahdi dr Lahargo Kembaren, SpKJ, stres tentunya bisa dikendalikan.

"Memang kapasitas dalam menerima hasil kompetisi yang tidak sesuai harapan berbeda-beda. Karena itu saya selalu mengingatkan pasien soal 4 A untuk manajemen stres," kata dr Lahargo pada detikHealth, Selasa (21/5/2019).



Berikut trik manajemen stres 4 A untuk menerima hasil Pemilu dan kompetisi lainnya.

1. Avoid

Trik pertama adalah menghindari (avoid) berbagai penyebab stres. Bila pemilu menyebabkan stres maka sebaiknya hindari berita atau sumber info lain seputar Pemilihan Umum. Misal diet media sosial yang dilakukan dengan lebih selektif memilih konten di internet.

2. Alter

Trik kedua adalah mengubah (alter) beban stres bila tidak bisa menghindarinya. Alter memungkinkan adanya prioritas terhadap hal yang harus dilakukan sendiri atau didelegasikan. Bila Pemilu menyebabkan stres maka urusan seputar hal tersebut bisa diserahkan pada orang lain.



3. Adapt

Trik ketiga adalah beradaptasi (adapt) sehingga stres bisa diarahkan menjadi lebih positif. Trik ini dilakukan bila stres tak bisa dihindari atau diubah. Fokus pada trik adapt adalah berbagai hal yang menggembirakan dan menyenangkan misal santai, berolahraga, atau beraktivitas dengan keluarga.

4. Acceptance

Pada trik ini, seseorang belajar menerima keadaan dalam hidup yang tidak selalu menyenangkan. Setiap kejadian pasti bisa memberi pelajaran meski kadang menyedihkan. Bisa menerima hasil Pemilu dan kompetisi lain juga bisa membantu hidup menjadi lebih baik.

(up/up)