Rabu, 22 Mei 2019 07:36 WIB

Bikin Kaget Dokter dan Orang Tua, Bayi Kembar 6 Lahir di Polandia

Firdaus Anwar - detikHealth
Seorang ibu terkejut karena ternyata melahirkan anak kembar enam! Foto: iStock Seorang ibu terkejut karena ternyata melahirkan anak kembar enam! Foto: iStock
Jakarta - Pada Senin (20/5) Polandia mencatat kelahiran kembar terbanyak yang pernah terjadi di daerahnya. Total ada enam bayi kembar, dua laki-laki dan empat perempuan, lahir dengan kondisi selamat.

Menurut pengakuan dr Ryszard Lauterbach dari Clinical Neonatology University Hospital Krakow hampir seluruh pihak terkejut dengan kelahiran enam bayi kembar. Alasannya karena selama ini dokter dan orang tua menganggap hanya ada lima orang bayi di dalam kandungan.


"Jadi bayangkan kami sejak pagi sudah bersiap-siap untuk membantu proses persalinan lima bayi kembar. Di ruang operasi ada lima tim dokter yang siap merawat lima anak," kata dr Ryszard seperti dikutip dari Reuters, Rabu (22/5/2019).

"Mereka satu-satu lahir sampai semua tempat penuh. Lalu tiba-tiba ternyata ada satu bayi lagi yang menunggu di dalam perut," lanjutnya.

Menurut dr Ryszard para bayi yang lahir di usia kehamilan 29 minggu ini relatif dalam kondisi sehat. Hanya saja karena lahir prematur mereka menunjukkan gejala seperti tanda-tanda ketidakdewasaan organ paru hingga sistem saraf pusat.

Para bayi diharapkan bisa pulang ke rumah setelah usianya masuk sekitar 2,5 bulan sampai 3 tahun.

"Kami hanya menyiapkan tempat di rumah untuk lima orang bayi, jadi sekarang tampaknya kita perlu renovasi dulu," kata sang ibu, Klaudia Marzec.

(fds/ask)