Rabu, 22 Mei 2019 23:55 WIB

Riwayat Sakit Ustaz Arifin Ilham, Dari Kanker Hingga Infeksi Paru

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: Ustaz Arifin Ilham saat dirawat di Penang (Instagram @alvin_411) Foto: Ustaz Arifin Ilham saat dirawat di Penang (Instagram @alvin_411)
Jakarta - Ustaz Arifin Ilham meninggal dunia pada Rabu malam (22/5) di Penang, Malaysia. Kabar tersebut disebarkan oleh putra Arifin Ilham, Alvin Faiz, lewat akun Instagram-nya.

"Innalillahiwainnailaihirojiun Telah wafat Abi kami tercinta Abi @kh_m_arifin_ilham," tulis Alvin.

Selama setahun terakhir Arifin Ilham diketahui memang sempat berjuang melawan beberapa kondisi penyakit. Karena itu berkali-kali juga muncul kabar hoaks menyebut Arifin Ilham meninggal dunia yang ditepis keluarga.

Berikut penyakit-penyakit yang pernah dilaporkan menyerang Arifin Ilham hingga akhir hayatnya:


1. Kanker kelenjar getah bening

Pada akhir Desember 2018 Arifin Ilham bercerita kalau dirinya sempat didiagnosis dengan penyakit kanker kelenjar getah bening. Saat itu Arifin Ilham mengatakan kalau dirinya sudah sembuh usai menjalani kemoterapi yang membuat kulit wajahnya menghitam.

"Terima kasih doa kalian semua, Arifin sudah tidak dikemo lagi. Sudah selesai, sekarang ini sedang recovery dari pengobatan. Sudah dinyatakan free cancer," buka sang ustad di salah satu tayangan infotainment.

Namun tidak berapa pada awal Januari 2019 Arifin Ilham kembali masuk ke rumah sakit hingga akhirnya diterbangkan ke malaysia.

2. Infeksi paru

Saat tengah dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) beberapa tokoh bergantian menjemput Arifin Ilham. Menurut KH Agus Dermawan yang datang menjenguk ada informasi bahwa Arifin Ilham dirawat akibat penyakit infeksi paru-paru.

"Khusus kepada Bapak Arifin Ilham, saya bersedia hati waktu tadi semoga Allah memberikan mukjizat yang amat sangat dahsyat buat beliau yang sudah terdeteksi barusan saja. Mohon izin dari stafnya Ustad Syukur ada juga di paru ada infeksi juga," kata Agus.

3. Kanker nasofaring

Selain kanker kelenjar getah bening Arifin Ilham juga diketahui berjuang melawan kanker nasofaring. Dikutip dari Mayo Clinic, kanker nasofaring atau yang disebut nasopharyngeal carcinoma (NPC) merupakan bentuk kanker yang langka dari kanker leher dan kepala.

(fds/up)
News Feed