Kamis, 23 Mei 2019 04:50 WIB

Jadi Sering Kencing Usai Sahur, Kira-kira Apa Penyebabnya?

Firdaus Anwar - detikHealth
Usai minum air putih saat sahur, kok malah jadi ingin kencing? (Foto: iStock) Usai minum air putih saat sahur, kok malah jadi ingin kencing? (Foto: iStock)
Jakarta - Saat sedang melakukan sahur, pernahkah kamu merasa kalau dorongan untuk kencing jadi lebih sering muncul? Beberapa di antara kita mungkin pernah mengalaminya terutama usai banyak minum dengan tujuan supaya kuat puasa tidak mudah haus.

Dikutip dari Live Strong fenomena kencing usai banyak minum air sebetulnya normal karena itu berarti ginjal kita bekerja sebagaimana mestinya. Saat seseorang banyak mengonsumsi air lebih dari kebutuhan maka ginjal akan berusaha menjaga keseimbangan cairan tubuh supaya tidak terlalu encer dengan memproduksi ekstra urine.


Nah yang harus diwaspadai adalah bila dorongan kencing muncul usai mengonsumsi kopi atau teh. dr Purwita, SpPD-KGer, dalam seminar publik di aula kantor Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menjelaskan bahwa kedua minuman tersebut sebetulnya tidak cocok untuk sahur karena bersifat diuretik atau merangsang buang air kecil.

"Jadi selama puasa bisa-bisa banyak cairan yang terbuang," kata dr Purwita beberapa waktu lalu.

Kebiasaan minum air putih yang sehat selama puasa di bulan Ramadhan 2019 disebut para ahli bisa dengan formasi 2-4-2, yaitu 2 gelas pada saat berbuka, 4 gelas setelah berbuka sampai sebelum tidur, dan 2 gelas saat sahur.

(fds/up)