Kamis, 23 Mei 2019 10:20 WIB

Ustad Arifin Ilham Lawan Kanker Nasofaring Sebelum Wafat, Kenali Gejalanya

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Ustad Arifin Ilham wafat, sosoknya dikenang terus sebagai orang yang amat hangat. Foto: dok. pribadi Prabowo Ustad Arifin Ilham wafat, sosoknya dikenang terus sebagai orang yang amat hangat. Foto: dok. pribadi Prabowo
Jakarta - Kabar duka menyelimuti pagi. Meninggalnya ustad Arifin Ilham membuat banyak orang berduka dan mendoakan yang terbaik baginya. Diketahui, ustad Arifin Ilham tengah berjuang melawan penyakit yang ia miliki dan berobat di Penang, Malaysia.

Selain kanker kelenjar getah bening Arifin Ilham juga berjuang melawan kanker nasofaring. Kanker nasofaring atau dikenal juga dengan kanker THT adalah penyakit yang disebabkan oleh sel ganas (kanker) dan terbentuk dalam jaringan nasofaring, yaitu bagian atas faring atau tenggorokan.

"Gejala-gejala ini sering dianggap gejala flu biasa dan diabaikan begitu saja, sehingga banyak orang yang tidak sadar menderita kanker nasofaring dan datang dalam keadaan terlambat," dr Budianto Komari, Sp.THT dari KSMF THT RS Kanker Dharmais menuturkan kepada detikHealth.


1. Pembengkakan di leher

Selain kanker kelenjar getah bening, kanker nasofaring juga memiliki ciri pembengkakan di area leher.

"Sebab, di bagian nasofaring banyak kelenjar getah bening. Maka, penyebaran ke kelenjar getah bening lebih cepat di bagian leher. 60-80 persen pasien mengalami penyebaran di kelenjar getah bening di leher," kata ahli onkologi kepala dan leher Profesor Zhang Feng dari Modern Cancer Hospital Guangzhou pada kesempatan yang lalu.

2. Sakit kepala

Ada banyak gejala yang muncul ketika seseorang mengalami kanker nasofaring.

"Ketika tumor menekan area kepala bisa menimbulkan sakit kepala," kata Profesor Zhang Feng.

Video: Riwayat Penyakit yang Diderita oleh Ustaz Arifin Ilham

[Gambas:Video 20detik]



3. Pendengaran berkurang

Seiring pertumbuhan tumor, hidung akan tersumbat. Tak hanya itu, pertumbuhan tumor di bagian nasofaring juga bisa menyebabkan pendengaran berkurang atau tinnitus. Pendengaran yang berkurang pun dapat mengarah pada ketulian, mengingat rongga hidung dan daerah pendengaran berhubungan erat karena ada saluran yang menghubungkan.

4. Darah yang muncul

Gejala lainnya yang kerap muncul adalah mimisan yang terjadi lebih dari satu bulan disertai gejala kanker nasofaring yang lain.

Dikutip dari Mayo Clinic, darah yang ditemukan pada saliva atau air liur pun perlu dicurigai. Lagi-lagi ini gejala yang cukup umum, karena itu lakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahuinya lebih pasti.

5. Tanda lain

Gejala lain yang bisa muncul berupa kerusakan pada saraf kranial karena di sekitar rongga hidung ada saraf yang saat tertekan tumor akan menimbulkan kerusakan pada saraf di sekitarnya. Kondisi ini juga berpengaruh pada penglihatan misalnya pandangan berbayang.




(ask/up)