Kamis, 23 Mei 2019 11:53 WIB

Dinkes Sumsel Siapkan 86 Posko Kesehatan untuk Mudik Lebaran

Raja Adil Siregar - detikHealth
Kepala Dinas Kesehatan Sumsel, Lesty Nuarani. Foto: Raja Adil Siregar/detikcom Kepala Dinas Kesehatan Sumsel, Lesty Nuarani. Foto: Raja Adil Siregar/detikcom
Jakarta - Palembang - Dinas Kesehatan Sumatra Selatan menyiapkan sebanyak 86 posko kesehatan untuk para pemudik Lebaran. Posko disebar di sepanjang Jalan Lintas Timur Sumatra dan sekitarnya.

"Kami telah mendirikan posko kesehatan di sepanjang jalur mudik Lebaran, ada 86 posko yang didirikan. Termasuk ada juga layanan kesehatan darurat," kata Kepala Dinas Kesehatan Sumsel, Lesty Nuarani ditemui di kantornya, Kamis (23/5/2019)

Selain mendirikan pos kesehatan, Lesty mengaku telah meminta Puskesmas di jalur mudik Lebaran siaga 24 jam. Mulai perbatasan Palembang-Jambi hingga ke Palembang-Lampung yang menjadi jalur mudik utama lintas Sumatra.

Tidak hanya itu, beberapa rumah sakit di jalur mudik juga diminta untuk antisipasi kejadian darurat. Termasuk antisipasi jika ada pengendara yang terlihat lelah untuk dapat dicek kesehatannya.


"Selain 86 posko itu, kita juga ada posko kesehatan layanan terpadu bekerjasama dengan kepolisian, TNI, Dishub termasuk Puskesmas. Selain tempat istirahat, pos ini juga bisa cek gula darah, alkohol atau narkoba," ungkapnya.

Setiap posko kesehatan akan dikerahkan tiga hingga lima tenaga kesehatan. Mulai dari dokter, perawat dan sopir ambulans yang dibagi beberapa shift selama mudik Lebaran.

Pelayanan posko kesehatan ini pun tidak dipungut biaya dan disiagakan H-7 hingga H+7 Lebaran. Fasilitas kesehatan seperti puskesmas di jalur mudik dan posko kesehatan tetap melakukan pelayanan 24 jam.

"Kami imbau kepada para pemudik agar memperhatikan tips mudik dan prilaku hidup bersih dan sehat. Jika lelah harap beristirahat, perhatikan keselamatan di jalan selama mudik Lebaran," tutupnya.

(ras/ask)
News Feed