Kamis, 23 Mei 2019 16:38 WIB

Kemenkes Siagakan 6.047 Fasilitas Kesehatan Selama Mudik Lebaran 2019

Widiya Wiyanti - detikHealth
Persiapan mudik di salah satu terminal (Foto: Suparno) Persiapan mudik di salah satu terminal (Foto: Suparno)
Jakarta - Tak terasa musim mudik lebaran akan dimulai dalam hitungan hari. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pun tengah mempersiapkan fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) di berbagai daerah untuk melayani para pemudik di tahun 2019 ini.

Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes dr Bambang Wibowo, SpOG (K), MARS mengatakan bahwa disiapkan 6.047 fasyankes di seluruh Indonesia yang terdiri dari 923 pos kesehatan, 4.210 puskesmas, 375 rumah sakit di sekitar jalur Pantura, 114 rumah sakit rujukan, 207 kantor kesehatan pelabuhan (KKP), dan 188 Public Safety Center (PSC) 119.

"Kesiapan faskes 6.047 lebih banyak dari tahun lalu yang hanya 3.910. Semoga pemudik bisa mengakses lebih mudah dan lebih nyaman. 188 PSC juga lebih banyak. Dinkes partisipasinya luar biasa, semua udah siap," ujar dr Bambang di Gedung Adhyatma Kementerian Kesehatan RI, Jl Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (23/5/2019).



Pos kesehatan itu mulai beroperasi sejak H-7 hingga H+7 lebaran. dr Bambang menyatakan bahwa pos kesehatan pastinya terdapat juga di jalur tol dan jalur non-tol.

dr Bambang menambahkan, pos kesehatan yang didirikan tidak hanya melayani pengobatan, tetapi pemudik juga bisa melakukan konsultasi dengan dokter yang berjaga. Ini bisa dilakukan tidak hanya saat sedang sakit, untuk mengontrol kondisi tubuh pun bisa dilakukan pemudik di pos kesehatan.

"Ya setidaknya minta cek tekanan darah, soalnya itu tidak ada tandanya," imbuhnya.

Ia mengingatkan masyarakat untuk mengakses PSC 119 apabila dalam keadaan yang membutuhkan pelayanan kesehatan namun belum menemukan pos kesehatan atau fasyankes lain. PSC ini juga berfungsi untuk memanggil ambulans, baik roda dua maupun roda empat.

"119 PSC juga bisa diakses sebagai layanan konsultasi dan ambulans," tandasn dr Bambang.

(wdw/up)
News Feed