Jumat, 24 Mei 2019 08:35 WIB

Kehilangan Dokter, Warga Buat Pesan Menyentuh di Atas Pasir Pantai

Firdaus Anwar - detikHealth
Warga desa nelayan di Inggris memohon agar ada dokter yang menetap di tempat mereka. Foto: BBC Warga desa nelayan di Inggris memohon agar ada dokter yang menetap di tempat mereka. Foto: BBC
Jakarta - Tinggal di desa kecil tanpa ada dokter membuat warga desa Mevagissey di pinggiran Inggris jadi was-was. Tanpa ada dokter artinya tidak ada yang bisa mengawasi dan membantu kondisi kesehatan sehingga warga ramai-ramai meluncurkan program kampanye dengan harapan bisa menarik dokter dari luar daerah.

Desa Mevagissey yang terletak di ujung teluk sebetulnya punya satu dokter bedah ditempatkan di sana oleh National Health Service (NHS) Inggris. Namun dokter tersebut akan habis masa kontrak pada akhir Juli mendatang dan belum ada penggantinya.


Lewat kampanye para warga membagikan foto-foto indah lokasi wisata di desa bersamaan dengan pesan "Maukah Kamu Menjadi Dokter Saya?". Satu foto misalnya menunjukkan pantai dengan pesan sama ditulis di atas pasir yang halus.

"Jadi pertanyaan kami adalah, mengapa kamu tidak ingin datang dan tinggal di sini menjadi dokter umum kami?" kata salah satu warga, Jill Bayliss, seperti dikutip dari BBC pada Kamis (23/5/2019).

Tanpa ada dokter, fasilitas yang bisa memberikan pelayanan kesehatan terdekat dari Mevagissey berjarak sekitar 24 kilometer (km) dan hal ini bisa jadi tantangan bagi para lansia yang tidak memiliki kendaraan.

Perdana Menteri Inggris Theresa May mengaku paham dengan masalah yang dihadapi tempat-tempat seperti desa Mevagissey. Menurut Theresa pemerintah juga sudah berusaha menarik perhatian para dokter muda dengan memberikan insentif ekstra untuk berpraktik di daerah terpencil.

(fds/up)
News Feed