Jumat, 24 Mei 2019 16:35 WIB

Viral Video Korban Rusuh 22 Mei Pakai Selang Oksigen, Apa Fungsinya?

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: Prabowo memberikan minum ke korban rusuh dengan selang oksigen di hidungnya. (Screenshot video) Foto: Prabowo memberikan minum ke korban rusuh dengan selang oksigen di hidungnya. (Screenshot video)
Jakarta - Di media sosial beredar video viral yang menunjukkan Prabowo Subianto menjenguk pria diduga salah satu korban kerusuhan 22 Mei. Sebelumya disebutkan bahwa korban dalam video sedang diinfus namun anggota Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Habiburokhman, menyebut kalau itu selang oksigen.

"Sepertinya itu di Rumah Aspirasi. Saya nggak lihat langsung karena saya nggak ikut masuk ke dalam. Kalau saya lihat di video tersebut, anak itu tidak diinfus, tapi diberi bantuan oksigen. Malam itu memang saya lihat banyak korban dan banyak tabung oksigen," ujarnya seperti dikutip dari detikcom pada Jumat (24/5/2019).

Menurut Habiburokhman tabung oksigen beserta selangnya memang sudah banyak disiapkan untuk memberikan pertolongan pertama kepada korban kerusuhan 22 Mei.


Dikutip dari National Heart, Lung, and Blood Institute, terapi oksigen diberikan untuk membantu tingkatkan kadar oksigan dalam darah. Biasanya hal ini dilakukan ketika seseorang memiliki kondisi yang membuat tingkat oksigen dalam darahnya terlalu rendah.

"Kadar oksigen yang terlalu rendah bisa membuat kamu merasa sesak bernapas, lelah, kebingungan dan bisa merusak badan," tulis National Heart, Lung, and Blood Institute.

"Efek sampingnya kamu mungkin bisa mengalami hidung terasa kering atau mimisan, kelelahan dan sakit kepala di pagi hari. Tapi secara umum terapi oksigen aman dilakukan," lanjutnya.

Dalam situasi kerusuhan 22 mei lalu paparan terhadap gas air mata bisa jadi salah satu penyebab seseorang kesulitan bernapas. Alasannya karena gas air mata bekerja dengan cara menyebabkan iritasi pada saluran napas.

(fds/up)