Jumat, 24 Mei 2019 18:45 WIB

Takut Operasi, Tumor 5 Kg Tumbuh di Kepala Pria Ini Selama 20 Tahun

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi operasi yang ditakutkan seorang pria hingga memilih tumor tetap tumbuh. Foto: thinkstock Ilustrasi operasi yang ditakutkan seorang pria hingga memilih tumor tetap tumbuh. Foto: thinkstock
Jakarta - Seorang pria di India yang diketahui bernama Sakthivel berhasil mengejutkan para dokter karena kondisinya. Selama 20 tahun pria ini membiarkan tumor besar tumbuh hingga seberat 5 kg di kepalanya.

Ia mengaku beralasan takut untuk pergi ke dokter dan dioperasi lantaran saudara lelakinya meninggal akibat operasi. Selain itu, ia juga menyebutkan bahwa ia terkendala biaya untuk memeriksakan diri ke dokter.


Namun akhirnya tumor tersebut menghalangi aktivitas pria berusia 31 tahun tersebut dan berdampak besar akan kehidupan sehari-harinya. Sakthivel akhirnya memeriksakan diri ke dokter, di mana ia diputuskan untuk menjalani operasi pengangkatan yang berjalan selama 10 jam.

Dr J Srisaravanan, dokter ahli bedah saraf di Government Rajaji Hospital yang menangani Sakthivel mengatakan ia datang ke rumah sakit dengan keadaan tumor yang membesar di kepala dan tak bisa menggerakkan leher.

"Tumornya hampir sama besarnya seperti kepalanya. Aku tak pernah melihat tumor di kepala sebesar ini dalam karirku selama 15 tahun di bedah saraf," pungkasnya, dikutip dari Fox News.

(frp/up)