Senin, 27 Mei 2019 04:39 WIB

4 Kesalahan Sahur yang Bikin Perut Tambah Buncit

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi perut buncit saat puasa. Foto: iStock Ilustrasi perut buncit saat puasa. Foto: iStock
Jakarta - Hanya dalam hitungan hari puasa akan berakhir. Sedih karena akan berakhir dengan bulan Ramadhan, tapi sedih juga karena berat badan malah bertambah saat puasa ini.

Yang lebih sedih lagi saat melihat ke arah perut, bukan perut rata yang didapat melainkan perut yang maju ke depan atau buncit. Aduh nggak banget deh.

Ternyata kebiasaan saat sahur bisa berdampak pada meningkatnya kebuncitan perut. Kebiasaan apa saja itu?



1. Kebanyakan karbohidrat

Namanya juga orang Indonesia, kalau belum makan nasi namanya belum makan. Padahal nasi yang mengandung karbohidrat adalah salah satu sumber penyumbang kalori yang cukup besar.

Dalam satu gram karbohidrat bisa menyimpan 4 kalori. Semakin banyak kamu mengonsumsi karbohidrat makan berat badan kamu bisa meningkat, tentu saja perutmu juga.

2. Makan manis

Saat sahur tidak jarang orang memilih makanan manis untuk memberi asupan kadar gula darah. Tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan, kadar gula darah bisa tidak stabil dan cenderung naik ke batas maksimal. Artinya, itu akan menghalangi penurunan berat badan dan memunculkan timbunan lemak, terutama di perut.

3. Kurang minum air putih

Ingat, selain bisa menjaga tubuh tetap terhidrasi selama puasa, mencukupi asupan air juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Agar perut tidak bertambah buncit karena timbunan lemak, kamu harus memenuhi 8 gelas air putih setiap harinya. Usahakan minum air putih setelah bangun tidur atau 30 menit sebelum sahur.

4. Terlalu banyak telur

Telur merupakan makanan yang cukup efektif untuk sahur di kala tidak ada makanan lain atau telat bangun. Meskipun mengandung protein yang baik bagi tubuh, telur juga mengandung kalori yang cukup tinggi, yakni sekitar 70 kalori dalam satu butir. Hindarilah mengonsumsi telur berlebihan saat sahur karena akan menimbulkan kalori yang berlebih.

(wdw/up)