Senin, 27 Mei 2019 17:43 WIB

Mustofa Nahra Disebut Mengidap Asam Urat, Ini Deretan Pemicunya

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Mustofa Nahra ditangkap (Dok. Istimewa) Mustofa Nahra ditangkap (Dok. Istimewa)
Jakarta - Cathy Ahadianti, istri Mustofa Nahrawardaya menyebut suaminya tersebut sedang sulit berjalan akibat penyakit asam urat yang kambuh. Oleh karena itu, ia berharap polisi tidak menahan Mustofa, yang ditangkap dengan dugaan menyebarkan kabar bohong melalui Twitter terkait posting-an hoax kerusuhan 22 Mei kemarin.

Gout atau yang lebih dikenal dengan asam urat, merupakan penyakit yang lazim menyerang orang di usia tua. Penyakit ini umumnya berbentuk keluhan nyeri di persendian yang dipicu oleh penumpukan kristal asam urat atau uric acid, yakni senyawa hasil metabolisme purin di dalam tubuh. Akibatnya kadar asam urat di darah meningkat.

Menurut Robert T Keenan, MD, MPH, dosen kedokteran di Duke University School of Medicine, tiap orang memiliki pemicu yang berbeda-beda dan tak semua hal tersebut akan langsung memicunya. Beberapa bisa mengalaminya setelah sejumlah paparan tertentu, beberapa lainnya bisa tak terpicu sama sekali.



Dirangkum dari situs WebMD, berikut adalah beberapa pemicu penyakit gout atau asam urat:

1. Makanan
Makanan yang tinggi akan purin dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam darah. Misalnya seperti jeroan, boga bahari, bahkan sayuran seperti bayam. Purin banyak ditemukan pada makanan yang mengandung protein.

2. Alkohol
Bir dan semacamnya dapat meningkatkan kadar asam urat di dalam darah dan memicu gout. Alkohol juga berbahaya karena bisa membuatmu dehidrasi, yang menjadi salah satu pemicunya. Meski begitu, wine tidak termasuk salah satunya, asal tetap diminum dalam jumlah yang tidak berlebihan.

3. Obat-obatan
Beberapa obat-obatan seperti obat untuk tekanan darah tinggi atau gagal jantung juga bisa memicunya. Selain itu, obat diuretik, beta-blocker dan cyclosporine bahkan aspirin berdosis rendah juga bisa menyebabkan serangan gout. Pastikan dokter mengetahui jika kamu memiliki riwayat asam urat sebelum meresepkan obat-obatan tersebut.



4. Dehidrasi
Saat tubuh kita dehidrasi, jumlah asam urat dalam tubuh meningkat dan kemampuan gijal untuk membuang sisaannya menurun. Sehingga ketika tubuh kita tak mendapat cukup cairan, bisa jadi berisiko terkena serangan gout.

5. Minuman manis
Minuman manis umumnya mengandung gula tambahan seperti fruktosa, misalnya thai tea. Kandungan fruktosa bisa memicu serangan gout.

6. Stres medis
Kondisi dan prosedur medis seperti cek rutin ke rumah sakit, pneumonia, operasi dapat meningkatkan kadar asam urat naik dan menyebabkan gout. Jika kamu berencana akan periksa ke rumah sakit atau mendadak sakit, pastikan memberitahu doktermu soal riwayat asam urat.

(frp/up)