Selasa, 28 Mei 2019 18:58 WIB

Mudik Pakai Mobil Ber-AC? Perhatikan Hal Berikut Sebelum Berangkat

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Mudik menggunakan mobil dan ac menyala. Foto: shutterstock Mudik menggunakan mobil dan ac menyala. Foto: shutterstock
Jakarta - Kondisi macet rentan dialami pemudik ketika di jalan apalagi jika menggunakan mobil pribadi. Agar tetap merasa nyaman, menyalakan AC menjadi pilihan.

Tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pengguna kendaraan bermobil jika ingin menyalakan AC dengan lama.

"Yang harus diperhatikan bagi pengguna kendaraan bermobil terutama yang menggunakan AC, jadi kita harus betul-betul menjaga supaya sirkulasi yang ada di dalam mobil bersih dari polusi," kata Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, Dr dr Agus Dwi Susanto, SpP(K), saat dijumpai detikHealth, Selasa (28/5/2019).


"Jadi AC harus menggunakan mode recirculate, AC yg dari dalam kemudian udara itu masuk kembali. Jangan dari out atau mengambil udara dari luar," sambungnya.

dr Agus menuturkan jika jalanan sedang macet dan di luar kendaraan terlihat memiliki polutan tinggi lalu menggunakan outdoor circulate atau udara dari luar, udara polutan akan masuk ke dalam kabin yang meningkatkan risiko kesehatan berbahayan

"Ada bahan beracun berbahaya yang dapat menyebabkan kekurangan oksigen. Kalau itu masuk dan kita kekurangan oksigen, lemes bisa berisiko," pungkasnya.

(kna/up)
News Feed