Kamis, 30 Mei 2019 09:06 WIB

Bisa Cek Kesehatan Dulu, Pemudik Diimbau Datang Lebih Awal di Stasiun

Rosmha Widiyani - detikHealth
Pemeriksaan kesehatan di pos kesehatan Stasiun Pasar Senen. (Foto: Widiya Wiyanti) Pemeriksaan kesehatan di pos kesehatan Stasiun Pasar Senen. (Foto: Widiya Wiyanti)
Jakarta - Berangkat mepet waktu check in sudah jadi kebiasaan sebagian besar masyarakat Indonesia. Berbagai alasan jadi penyebab waktu berangkat dengan kereta atau pesawat mepet waktu check in.

Menurut Kepala Tim Paramedis Pos Kesehatan Stasiun Gambir Agi Maya, kebiasaan tersebut sebaiknya jangan diulangi. Selang 1 jam sebelum keberangkatan bisa digunakan untuk memeriksakan diri di pos kesehatan.

"Apalagi untuk yang pusing, mual, atau diare sebelum berangkat dengan kereta. Bisa jadi memang sudah ada penurunan kondisi tubuh sebelumnya, lelah dalam perjalanan ke stasiun, atau mabok di jalan. Karena tidak terlalu mepet bisa periksa dulu di pos kesehatan selanjutnya dapat obat atau istirahat sesuai kondisi tubuh," kata Agi.



Pusing dan mual adalah kondisi yang paling sering dihadapi penumpang sebelum berangkat pulang kampung. Menurut Agi, Pos Kesehatan Stasiun Gambir telah dilengkapi obat-obatan untuk menghadapi pusing, mual, dan diare. Obat-obatan untuk sesak dan hipertensi juga tersedia yang bisa diminum sesuai resep.

Tentunya tersedia juga tenaga kesehatan yang terdiri atas dokter, suster, dan bidan yang tugas bergantian. Agi berharap penumpang bisa memanfaatkan sarana dan fasilitas ini tentunya dengan berangkat tidak terlalu mepet waktu check in.

(Rosmha Widiyani/up)
News Feed