Jumat, 31 Mei 2019 10:30 WIB

Khawatir Melahirkan di Jalur Mudik? Menkes Siagakan Call Center Darurat 119

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Mudik bersama. Foto: Dokumentasi Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes R Mudik bersama. Foto: Dokumentasi Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes R
Jakarta - Dalam rangka antisipasi mudik menjelang Lebaran tahun 2019 kali ini, Kementerian Kesehatan RI menyiagakan sebanyak 6.047 fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) yang tersebar di seluruh titik arus mudik di Indonesia.
Menteri Kesehatan Nila F Moeloek menyebutkan 6.047 fasyankes tersebut terdiri dari pos-pos kesehatan, puskes, rumah sakit dan Public Safety Center (PSC) 119 yang akan aktif H-7 lebaran hingga H+7 lebaran. Khusus untuk PSC 119, akan dikerahkan 188 PSC yang bisa membantu para pemudik di jalan.


"Bisa (ditelepon di jalan), bisa banget. Kalau perlu melahirkan, nah telepon aja 119. Kami sudah sosialisasikan, karena di semua posko kesehatan sudah mengetahui 119. Itu semua bergerak, kan ada national command centre-nya. Telepon 119, kita akan bergerak karena ada ambulans motor, ambulans roda empat, sampai helipun kami ada, kerja sama dengan TNI juga BASARNAS," tutur Menkes Nila saat ditemui di Gedung Kemenkes RI, Jumat (31/5/2019).

Menkes juga melepas ribuan pegawai Kemenkes dalam mudik bersama ke Sumatera dan Jawa, yang bertujuan untuk mengurangi kemacetan dan mencegah mudik menggunakan sepeda motor. Ia mengatakan mudik kali ini tidak terlalu buru-buru dan dijamin kesehatan baik pemudik maupun pengemudi.

"Jadi saya kira untuk kesehatan, kami juga tanggung jawab. Untuk pengemudi kami cek kesehatannya. Mereka diberi minum dan vitamin. Insya Allah tidak buru-buru dan bisa kembali dengan selamat," tandasnya.




Simak Juga 'Yuk Kenali Masalah Kesehatan Selama Mudik Lebaran!':

[Gambas:Video 20detik]

(frp/up)