Jumat, 31 Mei 2019 13:30 WIB

KPAI Peringatkan Risiko Kekerasan Seksual Anak saat Libur Lebaran

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Selain kecelakaan anak, KPAI juga mewanti-wanti risiko kekerasan seksual yang dialami anak saat musim libur lebaran. Foto: Edi Wahyono Selain kecelakaan anak, KPAI juga mewanti-wanti risiko kekerasan seksual yang dialami anak saat musim libur lebaran. Foto: Edi Wahyono
Jakarta - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengimbau untuk menghindari mudik menggunakan sepeda motor bagi mereka yang menempuh jarak jauh dan membonceng anak. Hal ini disebabkan oleh risiko yang meningkat saat momen mudik lebaran di mana jalanan ikut tumpah ruah.

Selain isu bonceng tiga saat mudik, Komisioner KPAI Susianah Affandy juga mengingatkan untuk mewaspadai kerentanan lain yang bisa terjadi saat musim liburan.

"Permasalahan mudik itu tidak hanya proses perjalanan mudik dari ibukota ke kampung halaman dan dari arus balik ke ibukota, tapi yang harus diperhatikan adalah pada waktu berkumpul di kampung halaman atau menghabiskan waktu di kampung halaman," ujar Susianah ditemui di kantor KPAI, beberapa waktu lalu.


Sebagaimana lazimnya, Hari Raya Idul Fitri kerap berbarengan dengan waktu libur sekolah. Hal ini juga membuat sejumlah tempat wisata menjadi di buka 24 jam bahkan banyak yang gratis. Akan tetapi, Susianah mengkhawatirkan tempat rekreasi seperti yang ada di sejumlah tempat di Pantai Selatan, beberapa air terjun di pegunungan, dan tempat wisata lainnya yang selama ini kurang penerangan lampu.

"Ini perlu kami sampaikan biasanya kami menerima pengaduan, remaja-remaja itu sering menghabiskan waktu di musim liburan ini untuk rekreasi bersama teman-temannya di lokasi-lokasi yang aksesnya saat masa liburan 24 jam sementara fasilitas sarana prasarananya sangat minim, tidak ada lampu-lampu," kata Susianah.

"Kita minta kepada keluarga untuk mengawasi anaknya. Karena bukan cuma kita menerima laporan anak hanyut, bukan tapi kekerasan seksual juga terjadi di remang-remang seperti ini. Kondisi ini sangat rentan bagi anak-anak yang pengawasannya jauh dari keluarga," tandasnya.




Simak Juga 'Waspada Pelecehan Seksual! Kenali Jenisnya':

[Gambas:Video 20detik]

(ask/up)
News Feed